Muspika Tonjong Bentuk Posko Penanggulangan Bencana Alam


Brebes - Musim hujan tahun ini sudah mulai tiba. Instansi terkait pun meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam yang ada disekitar wilayahnya.

Kewaspadaan juga dilakukan Muspika Kecamatan Tonjong yang hari ini Selasa (7/1/20) mendirikan Posko Penanggulangan Bencana Alam di Aula Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes.

Dalam acara tersebut Camat Tonjong Cecep Aji Suganda mengatakan posko tersebut berisi petugas gabungan yang terdiri dari unsur Muspika,Pemdes,Puskesmas,Perhutani dan Ormas yang disiagakan menghadapi bencana alam khususnya di Wilayah Kecamatan Tonjong.

"Kita buat posko penanggulangan bencana alam ini,nantinya semua informasi bencana alam sekecil apapun seperti angin puting beliung, banjir longsor masuk ke situ dan selanjutnya kita kordinasi dengan dinas BPBD Kabupaten Brebes" kata Cecep dalam pertemuan tersebut.

"Kami juga menghimbau masyarakat agar lebih waspasa dan siaga jika terjari perubahan cuaca yang ekstrim di wilayah Brebes Selatan,ucap Cecep dihadapan kepala desa dan peserta yang lain.

Sementara itu Danramil Tonjong Kapten Suwardi mengatakan bencana alam bisa terjadi karena 3 Faktor.pertama karena faktor alam,kedua karena faktor manusia dan ketiga karena faktor takdir, Selain itu banyaknya masyarakat yang mendirikan bangunan diatas tanah milih pengairan atau tanah milik pemerintah.

"Pengamatan saya terjadinya banjir karena saluran air mampat,air tidak bisa mengalir dan akhirnya meluap,itu menjadi tugas kita semua untuk mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan." Ungkapnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Tonjong Cecep Aji Suganda, Kapolsek Tonjong AKP Tuhirman, Danramil Tonjong Kapten Suwardi, Kepala Puskesmas Tonjong Dr Ida R, Kepala Puskesmas Kutamendala Edi P,Perwakilan Perhutani ,Ormas Banser dan Kepala Desa yang Ada di Tonjong.
(Red/Andika)

No comments