Kota Depok Sangat Berpotensi Budidaya Ikan Hias

Walikota Depok Mohammad Idris meninjau budidaya ikan hias di UPTD Balai Benih Ikan Hias, Duren Mekar, Bojongsari, Depok, Selasa (10/12/2019)
Depok |Pantau Terkini | Walikota Depok Mohammad mengatakan, Kota Depok merupakan wilayah yang berpotensi untuk pengembangan dan budidaya ikan hias. Salah satunya ikan Cupang alam dari Kalimantan yang dikembangkan Kementerian Pertanian di wilayah Kota Depok.

"Kota Depok berpotensi untuk pengembangan budidaya ikan Cupang alam dengan sarana yang ada berupa sumber daya manusia dan fasilitasnya. Mudah-mudahan kalau berhasil dalam budidaya ikan cupang ini bisa menjadi unggulan di Indonesia. Kita dibantu dari Balai Riset, sehingga bisa mewujudkan hal itu," ujar Idris saat melaunching Teknologi Budidaya Ikan Cupang Alam di Kampung Parung Poncol, Duren Mekar, Bojongsari, Depok, Selasa (10/12).

Karena itu, Idris mengimbau Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) berkolaborasi dengan dinas lain terkait pengembangan dan pemasaran hasil budidaya ikan Cupang Alam tersebut.



"DKPPP jangan hanya berkutat di kegiatan DKPP saja. Hasil dari budidaya ikan ini bisa dikomunikasikan ke Dinas Koperasi dan UKM (DKUM), Dinas perdagangan, serta dinas lain."Harus ada kolaborasi antar dinas untuk menopang dan membantu hasil produk dari dinas lain. Kalau kolaborasi dengan provinsi dan pemerintah pusat kita sudah conect, namun kenapa antar dinas ini tidak conect," tanya Idris.

Menurut Idris, dari 11 kecamatan, 10 diantaranya merupakan wilayah berpotensi dalam budidaya ikan hias. Terbesar adalah Kecamatan Bojongsari dengan 12 kelompok pembudidaya ikan hias dari 35 kelompok se-Kota Depok."Dari kelompok ini komuditas yang berkembang adalah ikan neon tetra, cardinal dan blednouse," terang Idris.

Dikatakan, ikan neon tetra merupakan potensi unggulan ikan hias Kota Depok. Karena itu, perlu dilakukan penelitian dan pengembangan yang strategis oleh Balai Riset Budidaya Ikan agar dapat memenuhi permintaan pembudidaya yang mengkhawatirkan menurunnya kualitas indukan neon tetra.

"perlu dilakukan penelitian untuk pengembangan selanjutnya, seperti potensi ikan Cupang dengan berbagai jenisnya bisa dikembangkan dan dibudidayakan di Kota Depok," tandas Idris.(ndi)

1 comment

indah said...

yuk teman teman yang hobby main game
mari bergabung bersama kami
di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
buktikan sendiri y


wwww.vodkapoker,site