Breaking News

recent

Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah 2019


PANTAUTERKINI.CO.ID- Banten, Pada tanggal 10-12 Oktober 2019 bumi perkemahan margarana kabupaten Tabanan provinsi Bali menjadi tuan rumah penyelenggaraan jambore Indonesia bersih dan bebas sampah ke 4 tahun 2019 dengan tema generasi masa depan generasi peduli sampah. setelah sebelumnya dilaksanakan di solo, Aceh, kemudian malang.

Kegiatan ini menjadi ajang untuk bertemu dan saling berbagi informasi serta pengalaman para pegiat sampah yang ada di Indonesia guna membahas isu-isu persampahan dengan tujuan utama Indonesia bebas sampah 2025 yang diikuti oleh  perwakilan organisasi, komunitas, bank sampah, Pramuka, dan pegiat lainnya yang ada di Indonesia dengan jumlah peserta hampir 300 orang melalui seleksi.

Ada beberapa isu yang dibahas dalam kegiatan tersebut salah satunya adalah kebijakan strategis daerah ( JAKSTRADA ) guna tercapainya Indonesia bebas sampah 2025 dengan cara pengelolaan sampah berkelanjutan yang melibatkan semua pihak untuk bersama-sama membangun sinergi yang baik dan berkelanjutan.


Selain itu dibentuk pula forum komunikasi daerah ditingkatan provinsi untuk menyebarluaskan dan mengajak pemerintah, komunitas, organisasi, masyarakat dan stakeholder lainnya saling berkolaborasi di dearah masing masing untuk bisa mencapai tujuan tersebut.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh pihak kementerian PUPR, Kementrian LHK, Pemda Bali, bupati Tabanan dan narasumber lainnya yang konsen dalam isu persampahan

Ada beberapa organisasi, komunitas, dan pegiat sampah diantaranya hahalaen Banten, clean action, pepelingasih, dan pelajar  yang berasal dari provinsi Banten turut serta dalam kegiatan tersebut dengan harapan dapat memberikan kontribusi dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dari kegiatan jambore untuk provinsi Banten.

(oz)

No comments