Breaking News

recent

Tuban Digoyang Gempa Dua Kali, Masyarakat Diminta Waspada


Tuban |Pantau Terkini | Gempa bumi berkekuatan 5,6 dan 6,0 skala richter  berturut-turut mengguncang wilayah laut utara Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada Kamis, (19/09/2019), sekitar pukul 14.06 WIB.

Dalam keterangan tertulisnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan keterangan, pusat gempa berada di titik kilometer 58 barat laut Tuban, atau pada koordinat 6.4 lintang selatan (LS) 111.84 bujur timur (BJ).

Sementara Kepala Badan BMKG Kabupaten Tuban, Desindra Dedi Kurniawan saat dikonfirmasi www.pantauterkini.co.id membenarkan, bahwa gempa terjadi dua kali.

Gempa yang kedua, kata menurutnya getrannya lumayan keras dan sangat merasakan. "Kira-kira sekitar 3 Modified Mercalli Intensity (MMI)," ujarnya.

Beruntungnya kata Desindra, gempa tersebut terjadi di kedalaman 600 kilometer dan yang kedua 648 kilometer dari permukaan bumi.
"Jadi spektrumnya agak luas, dan tidak berpotensi terjadi tsunami," lugasnya.

Sampai saat ini, belum ada laporan dari masyarakat terkait dampak gempa yang terjadi kali ini. Namun, sebagaimana diberitakan di beberapa media, ada beberapa wilayah yang terjadi getaran,.

"Seperti Jogja, Bali, Jember dan Lombok," sebutnya
Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di pesisir pantai Tuban agar selalu waspada, dan meminta untuk terus memantau informasi dari BMKG.

"Kami masih monitoring, barangkali ada gempa susulan. Untuk itu kami himbau masyarakat agar tetap waspada dan terus memantau BMKG", pungkasnya.

Hingga berita ini ditulis, saat ini belum ada informasi terkait dampak kerusakan dari fenomena alam tersebut.(Red)









No comments