Satu Tahun Mengabdi, Bupati Dan Wabub Langsung Respon Keluhan Masyarakat


PANTAUTERKINI.co.id |Lumajang| (24/09/19)Tepat satu tahun kepemimpinan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML dan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., sejak dilantik pada tanggal 24 September 2018. Satu tahun pengabdian Cak Thoriq dan Bunda Indah itu ditandai dengan acara "Sarasehan Satu Tahun Cak Thoriq dan Bunda Indah Mengabdi" yang dipusatkan di depan Pendopo Arya Wiraraja, Kabupaten Lumajang, Selasa malam (24/9/2019).

Dalam acara tersebut disampaikan beberapa kebijakan terkait program-program Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Cak Thoriq menyampaikan salah satu fokus pemerintah saat ini dibidang pertanian. Cak Thoriq berupaya untuk meningkatkan produksi hasil pertanian, khususnya pertanian organik. "Kabupaten Lumajang harus menaikan produkstifitas pertaniannya, kami akan menaikan produksinya menuju pertanian organik, sekarang sudah 32 hektare, tahun depan akan dinaikan menjadi 200 hektare untuk produksi pertanian organik," ujarnya.

Sempat menyinggung soal grup facebook Lapor Lumajang, Cak Thoriq sudah memerintahkan agar setiap OPD memiliki admin yang khusus memantau setiap laporan masyarakat sehingga segera ada tanggapan dari OPD terkait. "Saya sama bunda sudah memerintahkan kepada OPD untuk satu staf untuk memantau facebook lapor lumajang, saya minta agar setiap laporan segera ditanggapi oleh masing-masing OPD," pungkasnya.

Sementara, Bunda Indah menjelaskan terkait permasalahan perijinan toko modern (mini market). Secara tegas Bunda Indah menyampaikan bahwa dalam pemerintahannya sudah tidak ada ijin baru untuk penderian toko modern."Kami sudah tidak mengeluarkan ijin untuk toko modern, di pemerintahan kami sudah tidak ada ijin baru," tegasnya.

Selain itu, untuk menambah modal para pedagang kecil atau yang biasa disebut melijo, pemerintah sudah memberikan pinjaman modal tanpa bunga dan tanpa jaminan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Lumajang. "beberapa waktu yang lalu, sebanyak 350 melijo sudah diberikan pinjaman tanpa bunga tanpa jaminan, pinjamannya besarannya satu juta," terang Bunda Indah.

Dalam kesempatan itu, juga diberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan apapun keluhan masyarakat. Satu persatu pertanyaan dijawab oleh Bupati maupun Wakil Bupati Lumajang.

Saat dimintai keterangan, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lumajang, Ari Murcono, S.STP., M.Si., mengungkapkan, acara tersebut dikemas dengan beberapa rangkaian, diantaranya, pemutaran video dokumenter satu tahun pengabdian Bupati dan Wakil Bupati Lumajang sekaligus sesi dialog bersama masyarakat. "Jadi seperti arahan pimpinan, acara ini dibuat santai, sehingga masyarakat nantinya dapat menyampaikan aspirasinya dengan nyaman," katanya. (adv/sidik)

No comments