Breaking News

recent

Bupati dan Wakil Bupati Wajo Buka Puasa Arafah Bersama Dengan Masyarakat di Masjid Agung Ummul Qura Sengkang



PANTAU TERKINI WAJO- Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si. bersama dengan Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE melaksanakan buka puasa arafah, bersama dengan masyarakat Kabupaten Wajo di Masjid Agung Ummul Qura, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Dan dilanjutkan dengan Shalat Magrib bersama dan takbir dengan segenap Jamaah yang hadir di Masjid Agung Ummul Qura hari ini.

Sebagaimana diketahui bersama kalau saat ini tengah berada di bulan Dzulhijjah. Salah satu bulan paling penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebab di bulan ini kita bertemu dengan hari raya Idul Adha 1440 H. Umat yang mampu, bisa berkunjung ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.

Selain beribadah haji ke tanah suci, ada amalan puasa sunah yang dianjurkan saat Dzulhijah. Puasa-puasa sunah tersebut ada tiga jenis, yakni puasa 1-7 Dzulhijah, puasa tarwiyah (8 Dzulhijjah), dan puasa arafah (9 Dzulhijjah).

1. Anjuran untuk Menjalankan Puasa Arafah

Puasa arafah merupakan salah satu puasa sunah yang sangat dianjurkan, khususnya bagi umat muslim yang tidak menunaikan ibadah haji.

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari 'Asyura' (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya…" dikutip HR Abu Daud nomor 2437.

2. Keutamaan Puasa Arafah

Puasa arafah memiliki keutamaan yang sangat besar. Oleh karenanya, para ulama memasukkan puasa Arafah ini ke dalam puasa sunnah yang sangat dianjurkan (muakkad).

"Puasa hari arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu," dikutip HR Muslim.

( Humas Pemkab Wajo )

No comments