Breaking News

recent

Bupati Wajo Terima Kunjungan Kemempora RI di Ruang Pola



PANTAU TERKINI WAJO- Proudly Present Kerjasama Kemenpora dengan Pemerintah Kabupaten Wajo dengan maksud penumbuhan minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda Tahun 2019 yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Jumat 12 Juli 2019.

Dengan mengambil tema " Kemenpora RI membangun Jiwa Enterpreneur di kalangan kita." Dengan menghadirkan Drs. Iman Gunawan, M.Ap yang merupakan Asdep Kewirausahaan Pemuda Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Drs. Toni Poniman Kabid pendampingan dan pengembangan pemuda.

Mustadir, M.Si Kabag Humas Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Ismawati, MA Kasubid Pengembangan potensi Kewirausaan Pemuda dan Roby staf Asdep Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI. Juga hadir Bupati Wajo, Kepala OPD, Camat , dan para pemuda pemudi Wajo yang rata rata berusia Muda dan energik yang berjumlah lebih kurang 600 orang.

Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud dalam sambutannya mengatakan bangga dengan pemuda pemudi yang hadir di sini, yang akan menjadi enterprenur nantinya dengan salah satu programnya dengan akan mencetak 10.000 Usahawan baru nantinya, disampaikan juga bahwa selama ini telah membangun komunikasi dengan Deputi Kemenpora Republik Indonesia terkait mencetak 10.000 enterprenur untuk Wujudkan salah satu programnya di Kabupaten Wajo.

"Wajo memiliki beberapa kelebihan diantara daerah-daerah lain diantaranya karna mempunyai Danau mempunyai laut sehingga banyak yang bisa dicetak menjadi uang, memiliki perkebunan yang cukup luas juga pengembangan tanaman murbei di kawasan kawasan hutan bakau nantinya, sehingga bisa dijadikan Destinasi Wisata," ungkap Bupati Wajo.

Bupati Wajo lebih lanjut mengatakan akan merintis indukan telur persuteraan sendiri, sehingga bisa membuat berbagai macam kerajinan daripada Sutra, industrialisasi dan hirilisasi akan dikembangkan, juga akan menjadikan Wajo sebagai solusi impor daging di Sulawesi Selatan.

"Kita ingin menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Wajo dengan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru atau wirausahawan baru, pengangguran harus kita pikirkan, baik dari kalangan sarjana maupun yang tidak sarjana, bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan buat mereka, harapan kami kepada pemuda supaya mempunyai  jiwa kewirausahaan dan mau berusaha," harap Dr. H. Amran Mahmud.

Dilanjutkan dengan mengatakan akan membuat program-program yang bersinergi yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan kepada warga masyarakat Kabupaten Wajo.



"Tampillah jadi Pemuda hebat, Pemuda Mandiri, Pemuda yang bisa membangun daerahnya sendiri dengan merubah mindset dan dengan modal usaha yang sedikit bisa dikembangkan dengan baik," ungkap Bupati Wajo menyemangati Peserta di akhir arahannya.

Arahan dari Asdep Kewirausahaan Pemuda Deputi Pengembangan Pemuda Bapak Drs. Imam Gunawan, M.Ap mengatakan bagaimana menjadikan wirausahawan di antara anak-anak di Wajo, masyarakat  punya budaya kerja menjadi wirausaha tidak hanya dengan kemampuan saja tapi juga kreativitas serta daya kreasi .

"Wujudkan inovatif dan kreatif, sehingga bisa dapat berkembang dan bisa jadi tantangan kedepan, selain kreativitas dan inovatif harus juga ditambah dengan integritas yaitu satunya kata dan perbuatan atau dengan lain kejujuran," tegasnya.

Dilanjutkan dengan mengatakan bahwa bagaimana membangun pemuda dengan 3 kriteria di atas adalah sesuatu yang gampang-gampang sulit, sesuatu bisa dilakukan gampang jika dikerjakan bersama-sama atau dengan gotong-royong, antara lain yang mau berwirausaha dengan orang yang membantu wirausaha dalam hal ini adalah Pemerintah Kabupaten Wajo serta dengan melibatkan masyarakat Wajo tentunya.

"Kemenpora mempunya program prioritas nasional serta harus punya lokasi percontohan atau pilot project, diantaranya yang dipilih di Indonesia adalah daerah yang paling siap oleh Pemdanya, dan ada 7 yang kita angkat di tingkat nasional dan salah satunya adalah Kabupaten Wajo, ini sesuai dengan program Bupati Wajo yang ingin mencetak 10.000 Wirausaha baru, dan ini menunjukkan kesiapan dari Kabupaten Wajo dengan indikator ditunjuknya sebagai pilot project daripada Kemenpora RI," tutup Drs. Iman Gunawan.

( Humas Pemkab Wajo ).

No comments