Breaking News

recent

Blusukan Ke Pasar, PMI Solo Cek Kesehatan Abang Becak



PANTAU TERKINI SOLO- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta kembali mengadakan pengobatan dan pengecekan kesehatan gratis kepada pengemudi becak di Kota Solo. Pengobatan dan pengecekan kesehatan hari ini rabu (17/07/2019) telah dimulai sejak Selasa (4/3/2019) malam.

“Satu tim medis dalam pengobatan dan pengecekan kesehatan ini terdiri dari dua perawat, satu dokter, satu farmasi, dua relawan, satu driver, dan sibat. Selain itu PMI solo juga dibantu oleh dokter muda program Stase Integrasi kerja sama dengan fakultas kesokteran UNS Surakarta, dimana sebelum di sumpah, dokter muda wajib untuk stase selama 14 hari di PMI Solo.

Salma(23), salah satu dokter muda menjelaskan bahwa dia sangat bersyukur bisa berkegiatan bersama PMI Solo.

"Bersyukur kemarin saya bisa ikut membantu #PMISolo dalam melaksanakan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi bapak pengemudi becak di Pasar Legi dan Pasar Nongko", Rabu (17/07/2019), katanya.

Kami berangkat pukul 09.00 pagi hingga siang pukul 11.00, total 15 pengemudi becak kami cek kesehatanya, beberapa di antara mereka ditemukan penyakit myalgia atau penyakit yang muncul pada bagian otot. Selain itu ada yang terserang ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), dyspepsia, hipertensi, dan diabetes mellitus (DM), tambahnya.

Ternyata banyak bapak pengemudi becak yang masih belum rutin memeriksakan kesehatannya, sehingga banyak kejadian pengemudi becak yang meninggal di becaknya.

Lebih lanjut, salma menambahkan dengan adanya kegiatan ini menyadarkan saya untuk lebih peduli kepada sesama dan sadar bahwa masih banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari tenaga medis.

Kegiatan sosial PMISolo ini gratis untuk masyarakat, dibiayai oleh program Dompet kemanusiaan, dan melalui PMI Solo donasi 100% dari dan untuk masyarakat yang sakit serta kurang mampu. Saya juga mengajak kita semua turut membantu dengan menyisihkan sebagian harta untuk mereka, caranya mudah, tinggal transfer aja ke : DOMPET KEMANUSIAAN BCA : 015287222, pungkasnya.


Editor: Dj

No comments