Breaking News

recent

Anna Bogdanova Jatuh Cinta Indonesia Dalami Seni Tari Bali Sebagai Inspirasi Hidup.



Bali |Pantau Terkini |  Indonesia Negara yang memiliki ratusan ragam budaya dan seni sepanjang sejarah manusia, Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya akan kesenian tradisional maupun kesenian modern. 

Setiap provinsi di Indonesia memiliki kesenian tari yang menjadi kebanggaan sendiri.

Dalam sejarahnya setiap daerah di indonesia mempunyai banyak seni tari bahkan disetiap daerah mempunyai tarian yang beragam nama tariannya. 

Sebuah tarian atau gaya gerak tubuh tidak akan dapat dikatakan seni jika tidak memenuhi unsur-unsur yang ada didalamnya. Karena dengan unsur-unsur tersebut akan tercipta gerakan-gerakan ritmis yang indah.

Olah gerak juga tidak dapat dikatakan sebagai tarian jika tidak memenuhi 3 unsur. Jika salah satu dari unsur ini tidak ada maka gerakan tersebut tidak termasuk tari.


Ketiga unsur tersebut adalah:
1. Wiraga (Raga): Sebuah tarian harus memperlihatkan gerakan badan, baik dengan posisi berdiri ataupun duduk.
2. Wirama (Irama): Seni tari juga harus memiliki unsur irama yang bisa menyatukan antara gerakan badan dan music pengiringnya. Baik dari segi irama maupun temponya.
3. Wirasa (Rasa): Tarian hendaknya mampu menyampaikan sebuah perasaan yang ada di jiwa. Baik melalui sebuah gerakan dan tarian atau ekspresi penarinya.


Dalam devinisi filosofi manusia adalah makhluk sosial yang menyukai keindahan dan keharmonisan  itu bisa dalam bentuk kesenian dan kebudayaan. Salah satu kesenian yang bisa menggambarkan keindahan adalah seni tari, ungkapan jiwa manusia yang di ekspresikan lewat gerakan ritmis yang indah atau dalam bahasa asingnya estetis, suatu keinginan yang berasal dari dalam hati seseorang yang melimpah dalam menunjukkan emosi dan rasa.

Ada banyak pendapat ahli mengenai pengertian seni tari, pengertian yang paling tua ada dari Aristoteles yang mengatakan bahwa seni tari adalah suatu gerak ritmis yang dapat menghadirkan karakter manusia saat mereka bertindak. Tidak berbeda jauh, S.Humardani mengatakan bahwa tari adalah ungkapan ekspresif dalam bentuk gerak yang ritmis dan indah.

Menurut I Gede Ardika, tari adalah sesuatu yang dapat menyatukan banyak hal hingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskan geraknya menurut caranya masing masing.

Pengertian seni tari yang terkenal adalah dari BPH Soerjodiningrat yang mengatakan

"Sedaya ebahing sak randuning badhan, katata pikantuk wiramaning gendhing, jumbuhing pasemon kalihan pikajenging joget"

yang artinya tari adalah gerak dari seluruh anggota badan yang selaras dengan bunyi musik, diatur oleh irama yg sesuai dengan maksud dan tujuan dalam menari.

Acara Talkshow dan Pertunjukan Tari dari Anna yang diadakan di Art Culture Culinary Community Gathering ke 3 pada 19 Juli 2019 di Restaurant Shrida Taste of Ubud. Dalam acara talkshow ini juga membahas keindahan seni tari melalui ekspresi dan pengalaman Anna Bogdanova.

Anna Bogdanova adalah Seorang gadis berkewarganegaraan Rusia yang tinggal di Ubud dan menjalani kehidupan sebagai seniman tari dengan segenap jiwa dan raga. Anna mengikuti perasaan dan emosi dengan gerakan tubuhnya. Bekerja dengan musisi akustik memberinya kesempatan untuk menyatukan tariannya dengan musik mereka dan membawa refleksi visual dari emosi yang berasal dari suara.

” Dalam pertunjukan saya, saya suka menyatukan keragaman tarian di seluruh dunia, mencampurkan berbagai gerakan BUDAYA yang berbeda, dengan itu saya ingin memberikan makna yang lebih tinggi dari THEATRIS saya”, ungkap Anna

Anna cukup terkenal di Ubud sebagai penari tradisional Bali, bukan hanya itu Anna juga turut ikut menjadi guru tari yang bersertifikat dan mengajar tari kepada anak-anak di Bali terutama di Ubud.

Anna juga cukup pandai berbahasa daerah Bali, dengan lugas dia akan memperkenalkan diri sebagai Kadek Anna Cantikasarawati kepada siapapun yang dia temui.

Pada Art Culture Culinary Community Gathering kali ini, Anna akan mencoba berbagi rasa dan pengalamannya juga dengan pertunjukan langsung gerakan Tari yang dia Kuasai. Dimulai dengan Tari Bali dan Tari Kontemporer. Anna Juga akan mengajak teman-teman musisinya untuk ikut serta mengiringi langkah gerak tubuhnya.

"Being Dancer Artist of Body and Soul in Ubud"
"I DO NOT want to BE MAINSTREAM. I want to be FAMOUS ARTIST WHO DOES WHAT SHE LIKES with NO LIMITAT|ON for ART EXPRESSION
I want to travel around the world and INFLUENCE PEOPLE’S M|ND and INFLUENCE ON THE ENERGY OF THE WORLD", ANNA BOGDANOVA
Keahlian ANNA BOGDANOVA adalah sebagai Penari Tari Tradisional Bali, Acrobatic, Penari tari Kontemporer, Penari Tari kreasi kontemporer.


Kualifikasi yang dimiliki Anna Bogdanova

1.Certified Balinese Dancer in different styles,
2.Balinese dance teacher for kids around Bali,
3.Nominee Sport Master in Rhythmic Sport Gymnastic,
4.Self-Iearner from life from artists,
5.Exchanging experience with artists around the world, like: Akim Funk Buddha (USA, New York), Satoko Takaki (Japan), Tebo Aumbara (Indonesia), Anello Capuano (Italy), Oboe Tomoka (Japan), Adien Fazmail (Spansh guitarist from Indonesia), Andreas Arianto (Indonesia)

Pengalaman sang artist adalah

1. Bali Breeze Project 2019 Ubud, Bali.
2. Contemporary Fusion Solo in Acoustic collaboration
3. SIMFes Sawahlunto International Music Festival 2018 Sawahlunto, Sumatra.
4. Balinese Fusion & Contemporary Fusion Solo in collaboration with Tandava Band
5. Calong Narang (village temple) Balinese Sacred Ceremony to wake blank magic 2018 Gianyar, Bali.
6. Traditional Balinese Dance in group role: Durga’s student
7.Nadya Korotaeva’s Painting Exhibition 2018 Ubud, Bali
8. Contemporary Fusion Solo in collaboration with Agustian Supriatna (African kora player)      and Arif Hendrasto (Indonesian Hangdrum player)
9.TVRI Indonesian National Television Documentary Program: Cross Culture 2017.


ART. CULTURE. CULINARY
Community Gathering Shrida Taste of Ubud
Jl. Bisma, Ubud, BALI



(red)

No comments