Sulawesi Utara Mulai Ikut Serta Dalam Ajang Pariwisata Nusantara



Pantau Terkini | BBTF |    Kota Tomohon, Sulawesi Utara juga unik dan indah. Wisatawan domestic maupun mancanegera juga berdatangan untuk menikmati panorama alam dan menyaksikan budaya daerah setempat yang asri. “Keindahan Kota Tomohon akan kami pamerkan melalui parade bunga, karnaval bunga, pameran florikultura dan event-event lainnya,” kata Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, SE. Ak, CA, pada acara Jumpa Pers di BBTF Nusa Dua, Jumat (28/6).

Tomohon International Flower Festival (TIFF) sebuah event tematik tahunan, mempromosikan potensi pariwisata yang akan digelar untuk ke-9 kalinya di Kota Tomohon, Sulawesi Utara dengan tema “9reatest Love Of All”. “Penyelenggaraan TIFF pada 2008 berskala nasional dengan nama event Tomohon FIower Festival. Itu digelar tiap dua tahun sampai tahun 2014),” papar Walikota Jimmy Feidie Eman senang.


Mulai tahun 2015 hingga gelarannya yang ke-9 tahun ini, jelas Walikota Jimmy Feidie Eman, TIFF mulai berskala internasional dan ditetapkan sebagai agenda tahunan. Kegiatan ini mendapat dukungan Kementerian Pariwisata RI dengan memperhatikan keseriusan dan komitmen Pemerintah Kota Tomohon dalam manajemen event yang berorientasi evaluasi, hingga tahun 2018. “TIFF masuk dalam 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata RI bersama event-event unggulan lainnya dari berbagai daerah di Indonesia dengan misi serupa yaitu promosi pariwisata Indonesia dan potensi wisata daerah secara khusus,” terangnya.


TIFF mengangkat pesona atraksi wisata maupun destinasi wisata. Event-event serupa menjadi refleksi gambaran tradisi, kultur, lifestyle, kearifan lokal daerah yang dikemas dalam konsep menarik sebagaimana esensi pariwisata (cultural value). Dua value tersebut sebagaimana disyaratkan oleh Menteri Pariwisata RI, DR, Ir Arief Yahya, M.Sc dalam berbagai kesempatan untuk memotivasi dan mendorong kompetisi dalam segala bentuk promosi kepariwisataan.


Dampak nyata event TIFF terbaru adalah peningkatan kunjungan wisatawan di Kota Tomohon yang terdata berjumlah 89.736 (2017) wisatawan mancanegara dan meningkat 90.907 (2018 ) atau naik 1.3 %. Kunjungan wisatawan nusantara tahun 2017 terdata sejumlah 455.679, sedangkan tahun 2018 sejumlah 461.094 atau naik sebesar 1.18 %.



Post a Comment

0 Comments