Pekerjaan Betonisasi Asal Jadi Daerah Desa Sentul, Kecamatan Balaraja



PANTAUTERKINI.CO.ID - KABUPATEN TANGERANG, Proyek pembangunan jalan dengan konstruksi beton di kp. Pasir, Rt002/001, desa sentul, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang yang diduga dibangun dengan biaya APBD Kabupaten Tangerang tahun 2019, terkesan dikerjakan semaunya kontraktor pelaksana.

Dari pihak pemerintah setempat mengawasi kegiatan kontraktor melaksanakan pekerjaan, tetapi pihak ketiga ngeyel sekehendak hatinya tanpa berpatokan pada spesifikasi teknis dan RAB (rencana anggaran biaya).

Pantauan pada pengecoran , kamis (2/5) tidak ada pengawas di lokasi pekerjaan.

Pada saat dikonfirmasi dari pihak kecamatan Endang Suherman mengatakan"Banyak terima kasih kepada rekanan media yang sudah banyak membantu mengontrol kegiatan yang berlangsung dan ketika pelaksana bilang ke pengawas hari Rabu tetapi ternyata dilaksanakan hari kamis jadi pihak pemerintah merasa kecolongan". Ucapnya melalui WA

Ketidak hadiran pengawas dari pihak pemerintah setempat dan selaku pemilik proyek tersebut dimanfaatkan oleh kontraktor pelaksana untuk melakukan kecurangan.
Pembangunan jalan yang diperkirakan sepanjang ± 114 meter dengan lebar 3 meter dengan konstruksi beton itu terpantau dilaksanakan dengan ketebalan rata-rata hanya 12 cm. Padahal, acuan beton (bekisting) yang digunakan berukuran 15 cm.

Diduga kuat bahwa kontraktor pelaksana melakukan setingan pemasangan bekisting sedemikian rupa dengan membenamkan bekisting antara 2 – 3 cm dan  agregat lapis pondasi dengan kondisi kurang maximal di semua bagian badan jalan.

Mengingat bahwa proyek tersebut dibiayai dari dana APBD atau uang rakyat, diminta agar pihak pemerintah setempat dalam hal ini Kecamatan balaraja melakukan pemeriksaan ketat terhadap proyek tersebut sebelum melakukan pembayaran dan di harapkan inpektorat Kabupaten Tangerang turun kelapangan mengawasi proyek tersebut. (Nurita)

No comments