Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wajo Terkait LKPJ Bupati Wajo Tahun 2018


PANTAU TERKINI.CO.ID- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wajo sebagai rapat paripurna IV, masa persidangan II tahun 2018 / 2019 yang dilaksanakan di ruang sidang utama gedung DPRD Kabupaten Wajo, Selasa 30 April 2019.

Rapat paripurna DPRD Kabupaten Wajo tentang penentuan jadwal dan mekanisme pelaksanaan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wajo, terhadap laporan Keterangan Pertanggung Jawaban ( LKPJ ) Bupati Wajo 2018.

Dengan agenda penyerahan laporan keterangan pertanggung jawaban ( LKPJ ) Bupati Wajo Tahun 2018 dan selanjutnya penyerahan laporan Reses II masa persidangan II Tahun sidang 2018 / 2019, dan dilanjutkan sambutan Bupati Wajo sehubungan dengan penyerahan laporan tersebut.

Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si menyampaikan, Laporan keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah merupakan informasi penyelengaraan Pemerintahan Daerah selama satu tahun anggaran. Laporan ini disampaikan oleh Kepala Daerah kepada DPRD yang penyusunannya berdasarkan RKPD, juga bahwa LKPJ akhir tahun anggaran disampaikan kepada DPRD paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Laporan keterangan pertanggunungjawaban ini, merupakan penilaian terhadap beberapa aspek, yaitu aspek administrasi publik yang berkaitan dengan posisi pemerintah Daerah sebagai Institusi Pelayanan Publik, berikutnya Aspek Keuangan yang melihat seberapa besar anggaran yang dipergunakan untuk melaksanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan serta kinerja Pemerintah Kabupaten Wajo.

Yang ketiga Aspek pencapaian hasil fisik dan manfaatnya yang menekankan pada penilaian terhadap hasil hasil fisik secara nyata sebagai indikator kinerja Pemerintah Daerah.

"Perlu saya kemukakan dalam kesempatan ini bahwa salah satu kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan otonomi daerah sampai saat ini adalah, masih banyaknya aturan mengenai implementasi penyelenggaraan pemerintah daerah dan pengelolaan keuangan daerah, yang belum diterbitkan oleh pemerintah pusat yang berdampak pada terjadinya multi interpretasi terhadap berbagai isu strategis." Ungkapnya.

Pelaksanaan APBD Kabupaten Wajo selama tahun 2018 ini memang masih mengalami bebagai kelemahan dan kekurangan, namun hal tersebut merupakan motivasi bagi semuanya, khususnya jajaran eksekutif, untuk lebih meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Wajo dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dimasa yang akan datang, dan pada gilirannya akan memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Wajo, Bupati Wajo menutup sambutannya.

( Adv.Humas Dan Protokoler Sekretariat DPRD Kabupaten Wajo ).

No comments