Forum Group Discussion " Peran Serta Potensi Masyarakat Dalam Memerangi Hoax dan Radikalisme Agar Tercipta Pemilu 2019 Yang Aman, Damai & Sejuk di Wilayah Kota Depok "

Kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Kepolisian Resort Kota (Polresta) Depok dengan tema “Peran Serta Potensi Masyarakat Dalam Memerangi Hoax dan Radikalisme Agar Tercipta Pemilu 2019 Yang Aman, Damai & Sejuk di Wilayah Kota Depok” di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Selasa (19/03/2019). 
Depok | Pantau Terkini | Guna menangkal radikalisme yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa, Kodim 0508/Kota Depok memiliki cara tersendiri.
Salah satunya dengan menerapkan kegiatan kewaspadaan dini dengan melibatkan masyarakat.

“Kami punya kegiatan kewaspadaan yang dilakukan secara terbuka dan tertutup. Terbuka, misalnya melakukan kegiatan Subuh berjemaah dengan masyarakat, Maulid Nabi dan edukasi.
Tertutup, seperti mengamati kegiatan yang mengarah pada radikalisme.

Setelah itu, dilaporkan kepada pimpinan,” ujar Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok, Letkol (Inf) Eko Syah Putra Siregar, Rabu (20/03/19).

Dikatakannya, pihaknya juga membangun sinergisitas dengan Polisi Resor Kota (Polresta) Depok untuk melihat adanya potensi gangguan ketertiban dan keamanan wilayah. Selain itu, Kodim 0508/Depok juga intens mendatangi sekolah di Kota Depok untuk memberi pemahaman terhadap bahaya paham radikal.

“Silakan berbeda, karena perbedaan itu adalah rahmat. Tetapi, ada koridor-koridornya, selama tidak menyalahi ketentuan perundang-undangan dan bertentangan dengan Pancasila, itu tidak jadi masalah.

Namun, jika sudah berpengaruh ke masyarakat dan tercipta konflik serta gangguan kamtibmas, apalagi bisa memecah persatuan, maka akan berhadapan dengan hukum,” katanya.

Untuk itu, kata Eko, Pancasila sebagai ideologi bangsa yang menjadi perekat terbaik perlu didengungkan dan terus diperkuat.

“Upaya-upaya tersebut, mampu mencegah paham radikal berkembang di lembaga pendidikan maupun di masyarakat,” ucapnya. (Red)

Share this:

 
Copyright © PANTAU TERKINI. Designed by OddThemes