Breaking News

recent

Optimalkan Fungsi Satlinmas,Danramil 01/Tegal Barat Berikan pembekalan

Tegal Barat – Danramil 01/Tegal Barat Kapten Kav Mukholim jajaran Kodim 0712/Tegal memberikan pembekalan kepada Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) tentang peran Satlinmas terhadap keamanan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019,bertempat di Pendopo Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal,Kamis (21/2)

Kapten Kav Mukholim mengatakan, Koramil sebagai unsur pelaksanaan pembinaan wilayah memiliki tugas diantaranya memberikan pengetahuan wawasan kebangsaan dan memberdayakan pertahanan terhadap wilayah binaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan pentingnya keamanan, sikap disiplin, jiwa kebersamaan serta jiwa nasionalisme kepada anggota Satlinmas.
“Linmas merupakan salah satu anggota keamanan Kelurahan dan desa yang sangat diandalkan, dimana satlinmas mempunyai tugas menjaga keamanan, ketertiban dan melindungi masyarakat. untuk itu saya memberikan pembekalan kepada anggota satlinmas,” kata Danramil

Sesuai dengan Pasal 27 UU 24 tahun 2007 disebutkan tentang kewajiban masyarakat dalam penanggulangan bencana dan anggota satlinmas di lapangan rata-rata telah menerima pelatihan ataupun pendidikan tentang penanggulangan bencana, sehingga dapat dioptimalkan manakala terjadi sebuah bencana di suatu tempat.

Pileg dan Pilpres 2019 mendatang adalah kegiatan akbar, dan disini fungsi anggota satlinmas sangat vital berkaitan erat dengan pengamanan tempat pemungutan suara. Termasuk secara legalitas dituangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 tahun 2009 tentang Penugasan satuan Perlindungan Masyarakat dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.”jelas Kapten Kav Mukholim,

Anggota satlinmas sebagai petugas yang menangani ketentraman ketertiban dan keamanan baik pada saat pembuatan bilik pada saat kotak dan kartu suara dikirim pelaksanaan pemungutan suara dan perhitungan suara di TPS dan mengamankan kotak suara saat dibawa ke PPS atau PPK.”pungkasnya.(Ast)

No comments