Ini Yang Berlaku, Nama Tidak Berubah Tidak Perlu Masuk Pengadilan



 PANTAU TERKINI.CO.ID-Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo tidak hentinya mencari refrensi untuk memajukan Kabupaten Wajo yang lebih baik.
Dengan mengunjungi Direktur Jenderal Kependudukan  Dan Pencacatan Sipil  Kementerian Dalam Negeri  Republik Indonesia , terkait pencatatan nama dan tanggal lahir  penduduk  yang mengalami perubahan sesuai Perpres nomor 96 tahun 2018. Senin, 11 Februari 2019.
Karena selama ini yang berlaku di Kabupaten Wajo, jika ada salah satu huruf nama yang kurang satu huruf namanya , yaitu  ada beberapa  huruf  yang berbeda di  ijasah  dan buku nikah,  warga  yang akan buat KTP mengalami masalah atau dipersulit, biasanya diharuskan melalui proses pengadilan  , walaupun sebenarnya arti dan makna nama sama, tidak berubah nama.
Dari hasil kunjungan Komsi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo di Dikjen Kependudukan dan Catatan Sipil KemendagrI RI, melalui Sekretaris Komsi I , H. Musa menjelaskan bahwa, jika hanya kurang huruf  salah satu nama atau ada lebih namanya, namun makna dan arti nama tidak berubah , hanya melalui Disdukcapil saja yang perbaiki, tidak perlu melalui pengadilan, jelasnya
“Kita sudah dapat kejelasan hasil  refrensi dari Dirjen Kependudukan Dan Catatan Sipil RI, ternyata selama nama tidak berubah arti, tidak perlu melalui proses  pengadilan , tugas Disdukcapil yang perbaiki,  jadi satu lagi keresahan masyarakat sudah terjawab,” kata H. Musa
(Advetorial:Humas dan Protokoler Sekretariat DPRD Kabupaten Wajo)

No comments