Kegiatan pembinaan dan pelatihan linmas Desa Kedung Wungu di Koramil 12/Jatinegara

Jatinegara - Babinsa Koramil 12/Jatinegara Serda Muhsinin dan Serda Guntar Melaksanakan Pembinaan dan Pelatihan bagi Satuan Perlindungan Masyarakat (LINMAS) Desa Kedung Wungu Kecamatan Jatinegara di Makoramil 12/ Jatinegara. Jum'at (08/02)

Kegiatan tersebut dilaksanakan karena Koramil 12/Jatinegara sebagai Satkowil mempunyai tugas untuk menyiapkan perlawanan wilayah atau Wanwil. Kegiatan ini merupakan sinergitas Desa Kedungwungu dengan Koramil 12/Jatinegara.
Dalam Kegiatan Pembinaan dan Pelatatihan tersebut, Serda Guntar S menyampaikan materi "Peran linmas dalam Pam Swakarsa dan Penanganan Penanggulangan Bencana Alam". Menurutnya Perlindungan Masyarakat (linmas) adalah warga masyarakat yang di siapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan, sehingga tanggap terhadap pengamanan di wilayah.
Disampaikan pula bahwa di era Globalisasi saat ini keberadaan organisasi Linmas sangat mutlak di butuhkan oleh masyarakat khususnya oleh pemerintahan desa. Anggota linmas harus dilatih diberi ketrampilan dan pengetahuan sehingga nantinya dapat melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional .
Para linmas wajib  turut serta dalam kegiatan Penanganan Bencana Alam di Daerahnya. Anggota linmas senantiasa berjiwa sosial tinggi, dengan mengedepankan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi. Dalam pelaksanaan tugasnya Anggota linmas harus bermitra kerja dengan Babinsa dan Babinkamtibmas sehingga terjalin hubungan kerja yang harmonis dan bersinergi antar instansi.
Setelah pemberian materi Serda Muhsinin melanjutkan kegiatan pelatihan PBB kepada para linmas, diharapkan dengan berlatih PBB, linmas menjadi lebih disiplin, tangkas, dan lebih bertanggung jawab di desanya. (pendim tegal)

No comments