Dandim Tegal Buka Upacara Latihan simulasi Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden

Tegal - Bertempat di Lapangan GOR Wisanggeni, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Ricard Arnold Yeseskiel Sangari,S.E,M.M membuka upacara latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden.Sabtu(9/2)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kapolres Tegal Kota : AKBP. Siti Rondhijah, S.Si, Danlanal Tegal : Letkol Laut ( P ) Agus Haryanto, MTr. Hanla, Dandim 0712 Tegal : Letkol ( Inf ). Richard Arnold Yeheskiel Sangari, Pengawas Latihan Rindam IV/Dip : Letkol Inf Budi, Danyon 407/PK : Letkol Inf Enriko, Dansatradar 214/Tegal : Mayor (Lek) BEE. Sihombing, Dansubdenpom Tegal : Kapten Cpm Heriyanto, Kasdim 0712 Tegal : Mayor ( Inf ) Akhmad Aziz, Wakapolres Tegal Kota : Kompol Pri Haryadi, SH, Sekda Kota Tegal mewakili Walikota Tegal : Praptomo, Kabag Ops Polres Tegal Kota : Kompol Mandala, MH, Kapolsek Tegal Timur Kompol Moh. Syahri, SH, Kapolsek Sumur Panggang Kompol Agus Endro Wibowo, SH. MH, Kepala Satpol PP Kota Tegal : Drs. Joko Syukur Badarudin, Kadishub Kota Tegal : Herviyanto, Ketua KPU : Agus Wijonarko, SH, Ketua Bawaslu Kota Tegal : Akbar Kusharyanto, SE, Kasiops Letkol Inf Novi Laksana, Pasiops Korem 071/Wk Kapten Inf Muhalim, Pasilat Korem 071Wk Mayor Inf Ahmad
  Adapun peserta Pelatihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden terdiri dari 1 (satu) pleton kendaraan bermotor Babinkamtibmas Polres Tegal Kota, 1 (satu) pleton kendaraan bermotor Babinsa Kodim 0712, 1 (satu) pleton Satradar Tegal, 1 (satu) pleton Lanal Tegal, 1 (satu) pleton Kodim 0712 Tegal, 1 (satu) pleton 407 Tegal, 1 (satu) Dalmas Sat Sabhara Polres Tegal Kota, 2 (dua) pleton Brimob Pekalongan, 1 (satu) pleton Kodim 0712, 1 pleton unit kesehatan Kodim dan gabungan Polwa Polres Tegal Kota, 1 (satu) pleton bulsit Kodim wilayah pantura, 1 (satu) pleton Sat Pol PP Kota Tegal dan 1 (satu) pleton Linmas Kota Tegal

Dalam sambutan Komandan Korem 071/Wk yang di bacakan olen Dandim 0712 Tegal Letkol ( Inf ). Richard Arnold Yeheskiel Sangari , SE. M.M menyampaikan Mengawali sambutan ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME karena hanya atas rahmat dan karunianya pada hari ini kita masih diberi kemampuan lahir dan batin, sehingga dapat mengikuti acara pembukaan pelatihan aplikasi pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019 dalam keadaan sehat wal'afiat.

Netralitas TNI / Polri dalam menghadapi pemilu tahun 2019 adalah merupakan salah satu kunci yang akan menentukan keberhasilan pemilu, khususnya dibidang pengamanan.

Karena itu TNI/Polri harus mampu menunjukan komitmen yang kuat dalam membangun dan mewujudkan sinergitasnya agar dalam pelaksanaan tugas pengamanan dapat di capai kesuksesannya, sehingga keamanan dan keutuhan NKRI dapat terjaga.

Sejalan dengan itu maka pada hari ini Kodim 0712 Tegal dengan Polres Tegal Kota dan Instansi terkait lainnya melaksanakan pengamanan pemilu legislatif dan Presiden.

Tujuan diadakannya pelatihan aplikasi pengamanan pemilu ini disamping untuk meningkatkan kemampuan baik teknis maupun taktis pengamanan pemilu legislatif dan Presiden sekaligus juga meningkatkan dan memantapkan koordinasi TNI / Polri dan pemerintah daerah serta instansi terkait lainnya dalam rangka pengamanan pemilu untuk menghadapi berbagai macam hambatan dan gangguan pemilu legislatif dan presiden yang mungkin bisa terjadi didaerah khususnya Kota Tegal.

Agar latihan aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar dan hasil optimal maka ada beberapa hal yang perlu di pedomani, antara lain :
- Selalu pegang teguh komitmen netralitas TNI / Polri dalam pemilu 2019

- Ciptakan realisme latihan yang sebenarnya dilapangan, sehingga peserta latihan dapat memahi teknik, prosedur dan mekanisme serta sistem komunikasi komando dan pengemdalian, pengamanan pemilu 2019.

- Laksanakan koordianasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh komponen bangsa lainnya yang ada di wilayah masing - masing khususnya Kota Tegal sehingga dapat terwujud sinergitas dalam pengamanan pemilu 2019.

- Sadari bahwa latihan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan perorangan dan kelompok serta satuan yang bekerja sama dalam penanggulangan berbagai gangguan dan hambatan pemilu legislatif dan Presiden 2019.

- Pelajari dan pedomani seluruh persoalan dan materi latihan dengan bailk, sehingga latihan berjalan sesuai konteks dan skenario latihan.

- Adakan evaluasi kegiatan sehingga segala kekurangan dapat segera dibenahi dan dilatihkan kembali sampai benar - benar dipahami serta dikuasai.(Nur/Pendim)

Share this:

 
Copyright © PANTAU TERKINI. Designed by OddThemes