Breaking News

recent

Perusahaan PT. Hetian Didemo, Diduga Telah Melakukan PHK Sepihak Terhadap Sukari


PANTAUTERKINI.CO.ID - SERANG, Aksi Demo yang dilakukan oleh karyawan PT. Hetian dan beberapa perwakilan karyawan dari  perusahaan lain dikabupaten  Serang yang sudah tergabung dengan serikat Buruh Federasi Serikat Buruh Garmen, Tekstil, kulit, dan Sentra Industri Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia ( FSB Garteks KSBSI). Aksi Demo ini dilakukan akibat perusahan tersebut diduga telah melakukan Union Busting dengan cara melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak terhadap Sukari sebagai ketua Serikat diperusahaan Tersebut.

Mereka melakukan Aksi Demo dihalaman perusahaan  yang berlokasi dijalan Raya Cikande Rangkas Bitung, Kampung Gabus, Desa Gabus, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang  - Banten, Senin ( 14/01/19).

Faizal Rakhman Selaku ketua DPC FSB Garteks Kabupaten Serang Menjelaskan Kepada Media, Pemutusan Hubungan Kerja sepihak oleh perusahaan terhadap Sukari selaku Ketua Pengurus Komisariat (PK) Serikat Buruh FSB Garteks KSBSI PT. Hetian Interprises Indonesia, diduga ada indikasi perusahaan mau melakukan Union Busting, setelah adanya serikat diperusahaan tersebut yang diketuai oleh Sukari banyak tuntutan yang diminta oleh karyawan seperti sebelumnya, karyawan telah melakukan Aksi Demo menuntut Upah Layak Sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Serang. Padahal mereka ketika melakukan aksi demo sudah mengikuti aturan yang berlaku dinegara Republik Indonesia.

"Sukari bersama kawan-kawan sebelumnya, mereka telah melakukan Aksi Demo menuntut Upah Layak, padahal mereka ketika melakukan Aksi Demo sudah sesuai peraturan yang berlaku, sebelum melakukan Aksi Demo mereka melayangkan surat terhadap perusahaan  dan melakukan pemberitahuan kepada pihak kepolisian dan tidak menyebabkan kerugian dalam perusahaan dan  umum, akan tetapi setelah melakukan Aksi demo Sukari mendapat Surat dengan isi Pemutusan Hubungan Kerja.

Setelah kita kaji, perusahaan telah melakukan PHK sepihak dengan cara cari - cari kelasalahan karyawannya," ungkap Faizal


Aksi demo ini masih kata Faizal, akan terus berlanjut tak sampai pada hari ini saja, Rencananya  hari Kamis Minggu ini, Kami FSB GARTEKS KSBSI Kabupaten Serang akan melakukan Aksi Demo lagi, Surat pemberitahuan pun akan segera dilayangkan ke pihak Polres Serang.

" Hari Kamis Minggu Depan kami akan melakukan Aksi Demo Kembali dan apabila tidak ada keputusan Sukari kembali dipekerjakan, Hari Senin minggu depan, kami akan lanjut melakukan aksi mogok kerja kembali. Karena dinilai perusahaan sudah mulai melakukan pemberangusan serikat buruh, jadi mau tidak mau harus dilawan,” imbuhnya

Dirinya menambahkan, selain akan melakukan Aksi Demo lanjutan dan mogok kerja saja yang akan dilakukan, apabila Union Busting masih dilakukan oleh perusahan, dengan melakukan PHK sepihak belum ada keputusan terhadap nasib Sukari kembali untuk dipekerjakan, pihaknya akan melaporkan perusahaan tersebut ke Polda Banten.

"Apabila tidak ada keputusan terkait Nasib Sukari, kembali dipekerjakan, kami akan tempuh jalur hukum terkait Union Busting dengan melaporkan perusahaan tersebut kekepolisian Polda Banten," ucapnya


Aksi Demo yang dilakukan oleh karyawan dan beberapa perwakilan karyawan dari perusahaan lain yang sudah tergabung dengan serikat FSB Garteks KSBSI untuk menuntut agar perusahaan  memperkerjakan kembali karyawan yang diduga kena Union Busting dengan PHK sepihak, Aksi dimulai sekira pukul 08:00 WIB dan selesai Sekira Pukul 16:00 Tidak ada perwakilan perusahaan yang menemui.

Untuk diketahui, PT. Hetian Interprises Indonesia merupakan mitra bisnis perusahaan yang memproduksi Upper sepatu Adidas salah satu subkon PT Parkland World Indonesia (PWI -1), sampai berita ini dinaikan pihak perusahaan belum bisa dikonfirmasi.(Nurita)




No comments