Peringati HUT Brebes, TBM Sigambir Adakan Lomba Anak



PANTAUTERKINI.CO.ID.BREBES - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Brebes ke 341 tahun, Taman Baca Masyarakat (TBM) Desa Sigambir Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes ikut memeriahkan dengan mengadakan perlombaan tingkat paud, TK/RA dan SD/Mi sederajat, dimana ada tiga katagori yang diperlombakan yakni Lomba mewarnai tingkat Paud/KB dan tingkat TK/RA, Lomba baca puisi tingkat SD/MI sederajat dan Lomba Tahfidz Quran tingkat RA/SD/MI.
Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus memperkenalkan adanya gedung TBM yang berdampingan dengan Polindes untuk tempat bacaan bagi masyarakat sekitar.

Perlombaan ini, di ikuti oleh sekitar 172 peserta dari masing-masing sekolah dengan lomba mewarnai 80 peserta, lomba baca puisi 32 peserta dan lomba Tahfidz Quran 60 peserta, bahkan ada beberapa peserta dari tegal dan slawi yang mengikuti lomba tahfidz quran.

Pemdes Sigambir, Aulia Fahmi Basa dalam sambutannya menuturkan sangat mengapresiasi kepada TBM Sigambir dengan kegiatan perlombaan seperti ini untuk menggugah anak-anak dari tingkat PAUD/RA/TK bisa berkreasi dengan mengikuti lomba.

"Kami sangat bangga dengan pemuda pemudi yang sudah mau mengingatkan akan pentingnya membaca dari usia dini dengan mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di desa sigambir," tuturnya, kemarin.

Lebih lanjut, pihaknya  berharap dengan adanya TBM masyarakat Desa Sigambir khususnya anak anak lebih gemar membaca, karena membaca sangat penting utk menambah wawasan ilmu kita.

"Ini salah satu kegiatan yang luar biasa, antusias masyarakat dengan anak-anaknya bisa reriuhan bareng dengan ikut lomba, semoga kegiatan positif ini bisa berkesinambungan terus,"tambahnya.

Dalam perlombaan tersebut, beberapa anak yang ikut menjadi juara
Juara 1. M. Brilliant (TK Al Ansyor), Juara 2. Avela pratama ersyani (TK pembina Brebes) dan Juara 3. Zonni Nirbita (TK Aisyiyah VIII, sementara itu lomba mewarnai tingkat PAUD masing-masing untuk
Juara 1. Ibra indastra (KB atfalul khaeriyah), Juara 2. Zahnida salsabila (Paud Aisyiah Muhajirin), Juara 3. Konita ismay takiya (Paud TBB 5 sigambir), sedangkan Lomba Baca Puisi untuk pemenangnya yakni,
Juara 1. Gladys Putri Nabila ( SD Islam Al Azhar 53), Juara 2. Azka Nadhira N ( SD IT Harapan Umat), Juara 3. Nisa melani hidayah (SD N Pagejugan 03) utnuk Juara Harapan 1. Afza khairunnisa (SD IT Harapan Umat), Harapan 2. Dwi Anggun T ( SD N Sigambir 02), Juaran Harapan 3. Naufal Adiva Sakha (dukuh ringin), dan Juara Lomba Tahfidz Quran yakni, Juara 1. Annisa rahma aqila ( SD IT usman Tegal), Juara 2. Mayah (MIN Brebes), Juara 3. Sufi Al Maidah ( SD N Sigambir 01), Harapan 1. Reva (MIN Brebes), Harapan 2. Rozan (MIN Brebes), dan Harapan 3. Sergio Renata (SD N Sigambir 02)

Sementara itu, Ketua Panitia, Slamet Ade, mengatakan Perlombaan ini sekaligus memperkenalkan bahwa Desa Sigambir ada Taman Baca Masyarakat (TBM) dengan cara kegiatan seperti ini.

"Kami tidak mengira kegiatan yang pertama kali kami buat banyak sekolah yang antusias mengikuti dan diluar perkiraan kami peserta membeludak," katanya.

Hal yang sama juga di sampaikan Ketua Umum Masigab, Toto Carto mengungkapkan, di era modernisasi seperti ini sudah banyak anak kecil lebih sering bermain gadget (HP) dari pada membaca, adanya TBM ini semoga menumbuhkan minat akan baca dari masyarakat desa sigambir khususnya.

"Alhamdulillah kami bisa menyempatkan hadir di acara yang sangat luar biasa ini dan kami dari Masigab sangat mendukung program yang dicanangkan pemerintah tentang literasi sehingga kami mendukung Brebes menuju daerah literasi dengan akan mendirikan beberapa TBM di beberapa desa termasuk  mendukung kegiatan perlombaan di Sigambir ini," ungkapnya.(Eko/Red CN)

Share this:

 
Copyright © PANTAU TERKINI. Designed by OddThemes