Percepat Pertumbuhan Tanaman, Pupuk Wijayakusuma Nutrition Sosialisasikan Korem 071/Wijayakusuma



Banyumas - Ketahanan Pangan merupakan suatu sistem yang terdiri dari subsistem ketersediaan, distribusi, dan komsumsi. Subsistem ketersediaan pangan berfungsi  menjamin pasokan pangan untuk memenuhi kebutuhan seluruh penduduk , baik dari segi kuantitas, kualitas, keragaman dan keamanannya. Oleh sebab itu Pemerintah melalui para pelaku pertanian melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan secara terus menerus.

Hal ini belum berjalan secara maksimal mengingat pertambahan jumlah penduduk yang selalu lebih cepat dibandingkan dengan produksi pangan, sehingga kebutuhan pangan akan selalu kurang. Oleh karena itu, peningkatan pembinaan ketahanan pangan perlu dilakukan oleh semua pihak salah satunya dengan memberdayakan Satuan-satuan di wilayah Korem 071/Wk.

Tugas TNI AD yang di amanatkan dalam Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 7 (2) butir  b Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Pasal  8 Point d tugas TNI AD “melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat”  terutama yang terkait dengan penyiapan potensi sumber daya alam khususnya logistik wilayah.  Dalam pelaksanaannya TNI AD melakukan pembinaan ketahanan pangan dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya alam secara efektif, efisien, ramah lingkungan dan berkelanjutan.


Guna mencapai keberhasilan penyelenggaraan kegiatan pembinaan ketahanan pangan di seluruh satuan  jajaran Korem 071/Wk dalam  mendukung Pemerintah  untuk meningkatkan ketahanan pangan secara nasional, maka perlu terobosan baru diantaranya dengan konsep back to nature yang belakangan ini menjadi tren dalam pola konsumsi masyarakat menuntut petani untuk mampu menghasilkan produk-produk pertanian organik yang benar-benar aman untuk dikonsumsi dan bebas dari residu bahan kimia yang dapat mengganggu dan membahayakan kesehatan.

Di satu sisi, petani dituntut untuk menghasilkan  produk-produk pertanian organik, namun disisi lain petani juga harus berupaya untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian mereka. Untuk bisa menghasilkan produk pertanian organik sekaligus meningkatkan produktivitas hasil pertanian, tentunya diperlukan pola budidaya tanaman yang mengacu kepada konsep  pertanian organik atau non kimia dalam pelaksanaannya.

Atas hal tersebut, guna meningkatkan hasil pertanian yang bermuara pada swasembada pangan  maka Korem 071/Wijayakusuma mensosialisasikan " Pupuk Wijayakusuma Nutrition " dan mengadakan pendampingan  kepada kelompok tani yang berada di wilayah Korem 071/Wk dalam rangka meningkatkan hasil pertanian.

Hal tersebut, sebagaimana yang disampaikan Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., menyampaikan, Korem 071/Wk ikut berperan aktif dalam mewujudkan swasembada pangan, sebab ketahanan pangan merupakan bagian dari ketahanan Negara, sehingga seluruh elemen bangsa termasuk Korem 071/Wk wajib berperan demi menjaga kedaulatan tanah air.

"Dengan diluncurkannya Pupuk Wijayakusuma Nutrition, semata-mata demi untuk meningkatkan hasil pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani", pungkas Danrem.(***)

Share this:

 
Copyright © PANTAU TERKINI. Designed by OddThemes