Nasional

Daerah

Hukum

Tipikor

Video News

Dirut Perumdam TKR Jadi Pembicara Nasional Sosialisasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum

 


PANTAUTERKINI.CO.ID, Jakarta,- Direktur Utama Perusahaan  Umum Daerah Air Minun  (Perumdam) Kabupaten Tangerang Sofyan Sapar menjadi narasumber Sosialisasi peraturan Mendagri nomor 21 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Mendagri nomor 71 tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri, dilaksanakan di Hotel Novotel Mangga Dua Jakarta. Selasa, 16/03/2021.

Sosialisasi tentang Perhitungan dan Penetapan tarif air minum, diikuti oleh Kepala Biro Perekonomian Provinsi dan Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten/kota serta BUMD se-indonesia, dilakukan pula dengan live youtube dan virtual, menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Menurut Sofyan, Air merupakan sumber kehidupan masyarakat, untuk itu pengelolaan dan penggunaan air harus terus ditingkatkan  dalam pelayanan, kualitas, dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

" Seperti yang tertuang dalam amanat undang-undang air dan kekayaan lainnya digunakan untuk kepentingan Rakyat," papar Sofyan didepan peserta Sosialisasi Kabupaten/Kota Se-Indonesia.



Perumdam TKR selama tahun 2009, lanjut Sofyan, tidak pernah menaikan tarif air minum selama 11 tahun di Kabupaten Tangerang, namun terus meningkatkan layanan sambungan kepada masyarakat.

" Kita sudah memprioritaskan sambungan bagi masyarakat dengan tarif paling rendah, semata-mata untuk kepentingan rakyat Tangerang," ucapnya.

Menurut data Perumdam TKR sudah memiliki 181.105 sambungan untuk sosial, rumah tangga, intansi pemerintah, Niaga dan juga air curah di wilayah Tangerang raya sehingga cakupan air bersih di wilayah Tangerang terus meningkat.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri DR. Mochamad Ardian Noervianto dalam sambutannya sekaligus membuka acara sosialisasi dimaksud menyampaikan beberapa strategi yang bisa menjadi alternatif peningkatan kinerja BUMD Air Minum:

1. Meningkatkan sinergi dan kolaborasi SDM di Pemerintah Daerah dan BUMD Air Minum, dari mulai penyusunan rencana bisnis, penyusunan RKA BUMD,  dan penetapan tarif air minum. Sehingga proses penambahan penyertaan modal dan pemberian subsidi menjadi lebih mudah dan terarah; 

2. Meningkatkan komunikasi dengan DPRD sebagai upaya pemenuhan penyertaan modal dan/atau subsidi. Apalagi jika BUMD Air Minum belum memenuhi Full Cost Recovery (FCR) tanpa subsidi.

3. Meningkatkan laba dengan membuka divisi air limbah,  sebagaimana telah dilakukan oleh BUMD Air Minum Kota Surakarta dan Kota Malang, dengan strategi memprioritaskan Sistem Pengelolaan Air limbah Domestik - Setempat (SPALD-S) dalam waktu yang relatif singkat mampu meningkatkan laba Badan Usaha, dan tetap menjaga tujuan pendirian BUMD untuk Pelayanan Publik

Sementara Budi Santoso Direktur BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah Kementerian Dalam Negeri menyampaikan berlakunya Permendagri nomor 21 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Mendagri nomor 71 tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum akan berlaku tahun 2022 agar peraturan ini bisa dilaksanakan gubernur dan walikota dalam mengelola air minum didaerahnya masing-masing.

" Kemanfaatan air minum agar dilakukan pelayanan secara maksimal, untuk itu peran gubernur agar menjalankan aturan ini dan dirasakan oleh masyarakat," ungkapnya.

Ada BUMD yang sudah bagus, seperti Perumdam TKR, menjadi semangat agar pengembangannya bisa di lakukan di daerah lain menjadi percontohan PDAM lain, agar lebih sehat pengelolaannya juga manfaatnya bagi masyarakat.

" khusus air minum layanan lebih utama," tutur Budi.


>>NR

Nurita

Editor Penulis ini adalah Kepala Perwakilan Daerah dan Terdaftar sebagai Wartawan Pantauterkini.co.id Silahkan lihat di Box Redaksi " Hubungi Redaksi 088294504822 Jika Ada kesalahan.

No comments:

Labels

Adv Advetorial Artikel Bali Balikpapan Banten Bekasi Bisnis BLT DDm Bojonggede BPN Brebes Budaya Business Cooking Class Covid19 Daerah deliserdang Depok Derap Didik Disdukcapil DPRD Sumut Ekonomi fe fea feat Featured Festival Food Hiburan Hukum ibadah Investigasi Irian Jaya Jabar Jabotabek Jakarta jakarta utara Jateng Jatim Jawa Barat Jawa Tengah kabupaten Mandailing Natal Kabupaten Tangerang Kalimantan kapolri Kebersihan kejati sumut Kemanusiaan Kemenag Kemendes Kesehatan Kriminal labuhanbatu Lampung langkat lebak madiun makasar Maluku Medan Music Musirawas Narkoba Nasional Nature nias NTT obat Opini Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan Pemkot depok Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas penyidik Perbankan Peristiwa Perusahaan listrik negara Pidana pilkada Pilpres pkk pln pm malaysia Pmi PN Denpasar polda bali polda banten polda jakarta polda jateng polda sumut politik polresta tangerang polri ponorogo ppwi Presiden prestasi pristiwa purwakarta RAPP redaksi Rei renungan Riau rizal efendy Sampah sampah depok samsat depok satlantas polres asahan semarang serang serbada Sertijab Siak Sidoarjo sijunjung Singkawang siswa Slawi SMSI solo soroako sosial sosialisasi Sports suhu Andy mulyono sukabumi sulawesi Sumatera_Utara Sumsel Surakarta Susanto tamanlalulintas tanah Karo tangerang tanggerang tangsel Tatung Technologi tegal Tegal Raya Tipikor Tips tmmd tni tni brebes tni depok fokus TNI Sumut tokoh tokohpemudaaceh Travel Ucapan Universitas Indonesia Video Wajo wakapolri walikota depok Warga Wartawan Wisata

Total Pageviews

Ucapan














Followers