Nasional

Daerah

Hukum

Tipikor

Video News

You are here

Ketua Pokdarwis IKBM Ardhan Menyayangkan Kota Balikpapan Tutup Mata Atas Destinasi Damba Enggang Borneo

Terumbu karang bawah laut Damba Enggang Borneo

Balikpapan | Pantau Terkini | Kreatifitas anak-anak muda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) IKMB yang di ketua oleh Ardhan sangat menyayangkan salah satu tempat wisata di kota minyak balikpapan ini sangat terlantar padahal pantai Damba Enggang Borneo ini menyimpan keindahan alam bawah laut yang sangat indah papar Ardhan kepada media pantauterkini.co.id.

Dengan letak lokasinya di jalan Jenderal Sudirman, Stal Kuda, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. 
Menggunakan Google Maps, cukup dengan mengetik Pantai Wisata Damba Enggang Borneo. Jaraknya 5 kilometer dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan.

Selain tempat wisata pantai ditengah kota Damba Enggang Borneo juga dapat di jadikan wisata diving atau snorkeling jelas Ardhan.

Kreatifitas rekan rekan Pokdarwis IKBM ini juga sudah berusaha menciptakan destinasi baru yang dapat dikunjungi wisatawan lokal maupun asing dan dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru lanjut Ardhan. 

  
Dengan konsep membudidayakan terumbu karang dan menata taman bawah laut bersama rekan rekan maka pantai Damba Enggang Borneo dapat bersaing kedepannya menjadi pariwisata macanegara papar Ardhan.

Memang kendala pokdarwis IKMB dalam menjaga lingkungan pantai Damba Enggang Borneo ini mempunyai kendala dalam menjaga lingkungan ini pertama pembuangan sampah yang datangnya entah dari mana asalnya yang kedua perhatian baik pemerintah daerah balikpan yang terkait dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) hingga para legislatif yang terkait dengan komisi yang terkait dengan lingkungan hidup dan pariwisata serta pendidikan menyangkut pembudidayaan terumbu karang di dasar laut ini merupakan pusat edukasi menata kembali terumbu karang yang rusak menjadi panorama indah bawah laut dan selama ini tidak ada pihak pemerintah dan DPRD Balikpapan terkait perencanaan renovsi dan peningkatan pantai Damba Enggang Borneo ungkap Ardhan.

Sementara kami menyulap pantai yang tadinya penuh dengan sampah menjadi lokasi wisata baru yang menjanjikan karena lokasi di tengah perkotaan seperti yang sebelumnya dipaparkan Ardhan. 



Lebih lanjut Ardan memaparkan pokok dan misi visi Pokdarwis IKMB Inovasi Kreatifitas Masyarakat Balikpapan telah mengkonsep Pantai Wisata Edukasi yang Bernama Pantai Damba Enggang Borneo bertepat di jln Stalkuda Bppn, adapun visi dan misi kami meliputi : 1. Konservasi Terumbu Karang 2.Transplantasi Terumbu Karang 3. School diving 4.Snorkling 5.Wadah pagelaran Seni dan Budaya 6.Pusat Kuliner & UMKM 7.Central Oleh - Oleh 8.Wisata Underwater/Biota laut 9.Penanggulangan Debit sampah kawasan Pesisir BPPN. 10.Pengolahan kawasan pesisir tertib dari pemukiman liar.


Adapun yg menjadi permasalahan yang kami hadapi saat ini adalah limbah2 selain limbah rumah tangga, batubara  dan juga Migas sering mengotori daerah pesisir pantai wisata.

Kami berharap dengan adanya pantai wisata Damba Enggang Borneo tepat di tengah perkotaan dapat menjadi akses dan pilihan utama masyarakat kota BPPN untuk rekreasi dan bersantai.

Kami juga menawarkan harga UMKM yg masuk di daerah Pantai Damba Enggang Borneo dapat dijangkau oleh kalangan menengah kebawah dan kalangan menengah keatas.dan menjadi suatu Penunjang PAD ( pendapatan Asli Daerah ) nantinya jelas Ardhan sebagai Ketua Kelompok Pokdarwis  IKMB . (Rsz) 

Djumhana

Editor Penulis ini adalah Kepala Perwakilan Daerah dan Terdaftar sebagai Wartawan Pantauterkini.co.id Silahkan lihat di Box Redaksi " Hubungi Redaksi 088294504822 Jika Ada kesalahan.

No comments:

Total Pageviews

Followers