Nasional

Daerah

Hukum

Tipikor

Video News

You are here

Eks Kakanwil Kemenag Sumut Batal Hadiri Panggilan Kejati

 


PANTAUTERKINI.CO.ID, MEDAN, - Mantan Kepala Kantor Kemenag Sumut IZ yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan jual beli jabatan kembali tidak memenuhi panggilan penyidik Kejati Sumut untuk diperiksa, Senin (11/1).


Ini merupakan panggilan kedua yang dilayangkan penyidik kepada mantan Kepala Kantor Kemenag Kota Medan itu.


Kasi Penkum Kejati Sumut, Sumanggar Siagian mengatakan ketidak hadiran tersangka karena beralasan sedang melakukan isolasi mandiri.


Ini dibuktikan melalui surat keterangan dari Rumah Sakit Silvana Binjai yang disampaikan oleh kuasa hukum IZ kepada penyidik.


"Hari ini dipanggil ternyata ada surat yang diserahkan pengacaranya langsung atas nama Edy Purwanto, bahwa yang bersangkutan sedang sakit sesusai dengan dengan surat dari Rumah Sakit Umum Silvana Binjai.


Jadi hasil keterangan pemeiksaan rumah sakit tersebut bahwasanya tersangka dinyatakan sakit dan perlu istirahat selam 14 hari. Dijelaskan dalam surat itu, dia isolasi mandiri. Nanti kami tanyakan lebih detil lagi,"ucap Sumanggar via seluler.


Sumanggar melanjutkan, pemanggilan hari ini merupakan pemanggilan kedua. Pemanggilan pertama dilayangkan pada Desember 2020 kemarin, namun tersangka juga batal datang dengan alasan sakit.


"Selanjutnya, tim penyidik akan berkoodinasi untuk menjadwalkan pemanggilan ketiga kalinya,"beber Sumanggar.


Mantan Kakawanwil Kemenag Sumut IZ terjerat kasus jual beli jabatan pada tahun 2019. Dia disangkakan menerima suap dari Plt.


Kepala Kantor Kemenag Madina, ZA. IZ ditetapkan sebagai tersangka pada 30 November 2020 kemarin.


"ZA juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dan juga akan dipanggil," pungkas Sumanggar.


Pantauterkini.co.id. Mempertanyakan, ke kasipenkum kejatisu apa bila panggilan ke 3 nanti juga tidak hadir IZ apakah langsung di jemput paksa oleh kejaksaan, beliau menyampaikan nanti kita lihat perkembangan beliau.. Ujar kasipenkum kejatisu. Sumanggar siagian.


Team pantauterkini.co.Id mencoba mengkonfirmasi wakil ketua lembaga KPK sumut bung daulay menyatakan ini seharusnya team kejaksaan melihat kondisi tersangka dan jangan  sampai beralasan lagi,  atau menggoreng lagi dengan alasan-alasan lain, menurut bung daulay pihak kejaksaan jangan menjadi kan alasan sakit dengan surat dokternya IZ, kan ada team dokter kejaksaan yang siap menilai apakah yang bersangkutan benar sakit atau tidak, oleh sebab itu kita minta kepada kepala kejaksaan Tinggi sumut yang baru untuk segera memproses hukum IZ dan yang lainnya agar tingkat kepercayaan masyarakat sumut kepada kejaksaan semakin tinggi ujar bung daulay.
(Udin)

Nurita

Editor Penulis ini adalah Kepala Perwakilan Daerah dan Terdaftar sebagai Wartawan Pantauterkini.co.id Silahkan lihat di Box Redaksi " Hubungi Redaksi 088294504822 Jika Ada kesalahan.

No comments:

Total Pageviews

Followers