Pasien Pertama Positif Corona di Kabupaten Tegal Sembuh



Slawi - Pasien pertama terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tegal dinyatakan sembuh. Pasien asal Desa Debong Wetan Kecamatan Dukuhturi ini diperbolehkan pulang setelah hasil pemeriksaan swab-nya yang ketiga dan keempat menunjukkan hasil negatif. Informasi ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Tegal dr. Joko Wantoro, melalui sambungan teleponnya pada Sabtu (18/4) siang ini.

“Pagi tadi jam 08:30 beliau sudah dipulangkan ke rumahnya dari RSUD Kardinah Kota Tegal, tempatnya dirawat selama ini. Sementara untuk anggota keluarga lain yang serumah sebagai kontak eratnya sudah kita lakukan rapid test beberapa kali dan hasilnya negatif semua”, katanya.

Sebelumnya diberitakan, penularan Covid-19 pada perempuan berusia 49 tahun ini diduga terjadi di Bali, saat yang bersangkutan mengikuti kegiatan seminar ataupun melakukan perjalanan dari sana.

Joko menuturkan, sembuhnya pasien positif Corona ini bisa menjadi semangat tersendiri bagi pasien lainnya yang sedang berjuang melawan Covid-19, termasuk tenaga medis kesehatan. “Penyakit akibat infeksi Covid-19 ini bisa disembuhkan, bahkan untuk pasien sembuh akan memiliki protein imunoglobulin sebagai antibodi alami sebagai virus Corona setidaknya untuk tiga hingga empat bulan ke depan”, katanya.

Khusus untuk pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh, lanjut Joko, tidak perlu melakukan isolasi atau karantina mandirinya di rumah. “Dua kali pemeriksaan swab yang hasilnya negatif sudah cukup membuktikan tidak adanya virus Covid-19 pada diri pasien, sehingga ibu ini bisa pulang dan bersatu kembali dengan anggota keluarga lainnya di rumah, tidak perlu diisolasi di ruangan terpisah, namun ada baiknya masker tetap dikenakan”, tandasnya.

Dihubungi secara terpisah, Bupati Tegal Umi Azizah mengaku senang mendengar kabar baik ini. Umi juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasinya kepada tenaga medis dan tenaga kesehatan yang telah bekerja merawat, membantu kesembuhan pasien. “Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada tenaga medis, perawat dan civitas hospitalia RSUD Kardinah yang telah membantu proses kesembuhan pasien. Tak lupa pula apresiasi saya kepada keluarga pasien dan tenaga kesehatan Kabupaten Tegal yang telah mensupport dari sisi yang lainnya. Saya berharap, kesembuhan pertama untuk pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal ini bisa diikuti kesembuhan enam orang pasien Covid-19 lainnya yang sedang dirawat di sejumlah rumah sakit di dalam maupun di luar Kabupaten Tegal”, katanya. (Red/Andika)

Post a Comment

0 Comments