Nasional

Daerah

Hukum

Tipikor

Video News

You are here

WAKAPOLDA YAN FITRI : SEBARKAN HOAX, BISA JADI SEBUAH PERBUATAN PIDANA " PENJARA 10 TAHUN "




Batam | Pantauterkini | Wakapolda Kepulauan Riau, Brigjend Pol Drs. H. Yan Fitri Halimansyah, MH, menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perbuatan - perbuatan yang merugikan, apalagi menyebarkan informasi atau berita yang belum di yakini kebenarannya.

Selain itu, di sampaikan juga oleh Wakapolda Yan Fitri, bahwa masyarakat juga harus bisa menggunakan  media sosial dengan norma - norma yang ada. Harus memiliki Nara sumber yang jelas.

" Menyampaikan berita melalui media sosial tentu harus memiliki Nara sumber yang jelas. Isi dari konten berita yang di bagikan harus dapat di pertanggung jawabkan secara hukum, karena apabila menimbulkan kerugian kepada salah satu pihak ataupun perorangan, akan menjadi sebuah perbuatan pidana. " Tegas Wakapolda Yan Fitri.

Di sampaikan selanjutnya, bahwa pada hari Minggu, 21 April 2019, Pukul 20.35 Wib, salah seorang warga Batam berinisial K, menyampaikan berita bohong melalui rekaman suara yang di rekam langsung menggunakan HandPhone milik temannya berapa inisial C, dan di sampaikan melalui WhatsAp yang isinya mengajak teman - temannya bahwa seolah - olah kondisi di suatu tempat PPK yang ada di kota Batam dalam keadaan tidak aman, dan mengajak dari kelompok - kelompok tertentu untuk hadir karena ada mendengar suara tembakan sebanyak dua kali yang di lakukan oleh polisi.

Sedangkan , perlu di ketahui bahwa , dalam pengamanan pemilu Operasi Mantap Brata yang di laksanakan dari tahun 2018 sajikan tahun 2019 ini, personil TNI - POLRI yang melaksanakan pengawasan dan penjagaan tidak di lengkapi dan tidak di perbolehkan membawa senjata api.

" Dengan adanya berita bohong atau hoax yang di sebutkan ini, dengan demikian, seolah - olah anggota POLRI melanggar SOP ( Standar Operasional Prosedur ) dalam pengamanan Pemilu. " Jelas Wakapolda Yan Fitri.

Di nyatakan Wakapolda Yan Fitri selanjutnya, bahwa , hal itu melanggar Pasal 45 A Ayat 2 Undang - Undang Republik Indonesia nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang - Undang Republik Indonesia 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik Jo pasal 28 ayat 2 Undang - Undang Republik Indonesia nomor 1 tahun 2008 dan atau pasal 14 ayat ( 2 ) dan pasal 15 Undang - undang Republik Indonesia nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan hukum pidana dengan ancaman 10 tahun penjara.
Semua itu di sampaikan Wakapolda Yang Fitri dalam konferensi Pers Tindak pidana menyebarkan perbuatan bohong yang di gelar Polda Kepri pada pukul 15.30 Wib , Hari Senin / 22 April 2019.

Dalam konferensi tersebut , Wakapolda Yan Fitri di dampingi oleh Direskrimum dan Kabid Humas, Erlangga.
Ndoro 

Redaksi Pantau Terkini

Editor Penulis ini adalah Kepala Perwakilan Daerah dan Terdaftar sebagai Wartawan Pantauterkini.co.id Silahkan lihat di Box Redaksi " Hubungi Redaksi 088294504822 Jika Ada kesalahan.

1 comment:

indah said...

yuk teman teman yang hobby main game
mari bergabung bersama kami
di game penghasil duit dan banyak hadiah menanti anda
buktikan sendiri y


wwww.vodkapoker,site

Labels

Adv Advetorial Artikel Bali Balikpapan Banten Bekasi Bisnis BLT DDm Bojonggede BPN Brebes Budaya Business Cooking Class Covid19 Daerah deliserdang Depok Derap Didik Disdukcapil DPRD Sumut Ekonomi fe fea feat Featured Festival Food Hiburan Hukum ibadah Investigasi Irian Jaya Jabar Jabotabek Jakarta jakarta utara Jateng Jatim Jawa Barat Jawa Tengah kabupaten Mandailing Natal Kabupaten Tangerang Kalimantan kapolri Kebersihan kejati sumut Kemanusiaan Kemenag Kemendes Kesehatan Kriminal labuhanbatu Lampung langkat lebak madiun makasar Maluku Medan Music Musirawas Narkoba Nasional Nature nias NTT obat Opini Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan Pemkot depok Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas penyidik Perbankan Peristiwa Perusahaan listrik negara Pidana pilkada Pilpres pkk pln pm malaysia Pmi PN Denpasar polda bali polda banten polda jakarta polda jateng polda sumut politik polresta tangerang polri ponorogo ppwi Presiden prestasi pristiwa purwakarta RAPP redaksi Rei renungan Riau rizal efendy Sampah sampah depok samsat depok satlantas polres asahan semarang serang serbada Sertijab Siak Sidoarjo sijunjung Singkawang siswa Slawi SMSI solo soroako sosial sosialisasi Sports suhu Andy mulyono sukabumi sulawesi Sumatera_Utara Sumsel Surakarta Susanto tamanlalulintas tanah Karo tangerang tanggerang tangsel Tatung Technologi tegal Tegal Raya Tipikor Tips tmmd tni tni brebes tni depok fokus TNI Sumut tokoh tokohpemudaaceh Travel Ucapan Universitas Indonesia Video Wajo wakapolri walikota depok Warga Wartawan Wisata

Total Pageviews

Ucapan














Followers