PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Musrenbang RKPD 2020 Kabupaten Wajo, Sulapa Eppa Menjadi Agenda Prioritas Pembangunan





WAJO, PANTAU TERKINI.CO.ID- Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2020 yang dilaksanakan di ruang pola Kantor Bupati Wajo, Senin 25 Maret 2019 sebagai Leading sektor dalam acara ini Bappeda Kabupaten Wajo.

Hadir dalam acara ini Bupati Wajo, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Kepala Dinas Infokom Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua DPRD Kabupaten Wajo, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan , Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Kepala OPD, Camat dan Lurah se Kabupaten Wajo.

Laporan dari Pelaksana kegiatan  Dra. Hj. Andi Sitti Kamriah, M.Si  yang merupakan Plt. Bappeda menyampaikan bahwa  Tema dari kegiatan ini "Peningkatan pusat pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh tata kelola pemerintahan yang amanah dalam memanfaatkan potesi keunggulan daerah.

Dengan tujuan dari kegiatan ini yaitu menghasilkan kesepakatan terhadap program dan kegiatan prioritas serta sasaran pembangunan Kabupaten. Dan mendapatkan masukan akhir untuk menyusun rancangan akhir SKPD Kabupaten yang sudah terinci program dan kegiatan, Lokasi, Volume dan estimasi anggaran, dan dilaporkan peserta yang hadir sekitar 300 orang.

Sambutan dari Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sulawesi Selatan Andi Hasdullah  menyampaikan Kebijakan Strategis Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan akan memperkuat sinergitas antara Pemprov dan Pemkab serta berkoloborasi membangun Sulawesi Selatan.




Pembangunan diarahkan pada satu arah, ada beberapa program unggulan dari Gubernur diantaranya Pembangunan Infrastruktur jalan dengan membuka daerah terisolir dalam percepatan pertumbuhan ekonomi.  Pembangunan Rumah Sakit Regional dan Wajo termasuk yang mendapat nantinya, Membangun pertanian berbasis industrialisasi, Pariwisata andalan dikembangkan dan Pengelolaan Pemerintah berbasis elektronik.

Sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD 2020 ini, menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi pemerintah Kabupaten Wajo, Karena lewat diskusi dan sharing informasi dalam forum ini nantinya, kita bisa melakukan sinkronisasi dan sinergi antara program pemerintah Kabupaten dengan program pemerintah provinsi.

Penyelenggaraan Musrenbang ini merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan, kegiatan ini merupakan lanjutan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Wajo di Kecamatan dan forum perangkat daerah, lintas perangkat daerah yang telah dilaksanakan akhir Februari hingga akhir minggu ketiga Maret 2019.

Bupati Wajo mengharapkan tahapan proses perencanaan yang telah terlaksana, mampu mengakomodir aspirasi dari para pemangku kepentingan, lalu dituangkan dalam dokumen dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Wajo.

Untuk mewujudkan Visi dan Misi  tersebut Sulapa Eppa menjadi agenda Prioritas pembangunan Kabupaten Wajo selama lima tahun kedepan, SULAPA SEDDI adalah pemerintahan yang berfokus pada reformasi birokrasi yang hendak mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. SULAPA DUA terpusat pada akselerasi peningkatan kualitas hidup manusia dan karakter religius. SULAPA TELLU yakni maju dengan berfokus pada kelancaran arus pergerakan barang, orang dan jasa antar wilayah. SULAPA EPPA adalah sejahtera dengan berfokus pada pergerakan produktivitas sektor unggulan daerah.

Agenda Prioritas pembangunan Kabupaten Wajo tersebut direalisasikan dengan 25 kerja nyata Wajo amanah dan bersih dilaksanakan melalui lima kerja nyata diantaranya, implementasi Paten pelayanan administrasi terpadu Kecamatan , Wajo Sehat cerdas dan religius berfokus pada 8  kerja nyata di antaranya Oto Dottoro, 5.000 beasiswa pendidikan bagi siswa berprestasi namun kurang mampu dan Gemantik atau Gerakan Masjid Cantik .

Selanjutnya Wajo Maju diarahkan pada 6 kerja nyata diantaranya 1.000 km Jalan kondisi mantap , 10.000 Wirausahawan baru, Air layak Minum 24 jam, terakhir Wajo Sejahtera dipusatkan pada 6 kerja nyata diantaranya adalah Pertanian terpadu, Peningkatan perkapita 60 juta dan Kedaulatan pangan berupa jaringan irigasi yang baik ketersediaan pupuk dalam pertanian yang berkelanjutan

Sedangkan sambutan dari Ketua DPRD Kabupaten Wajo H. Yunus Panaungi , SH mengatakan ada pokok-pokok pikiran dari pada  DPRD kabupaten Wajo di antaranya infrastruktur jalan, sarana kesehatan, sarana pertanian, sarana air bersih, sarana pendidikan dan sarana pemerintahan di desa utamanya yang baru melakukan pemekaran.

 Sumber:  Humas Pemkab Wajo
     Editor:Muhlis.

muhlis muhlis

Kami Pewarta Pantau Terkini sebagai Operator dan Kepala Wilayah dan"Biographical Info" Kami sebagai user admin panel Web ini bertanggungjawab tidak Melakukan Pemberitaan Hoax.

No comments:

Epaper

Total Pageviews