Wow, Ada Wartawan Mendadak Jadi “Tatung” di Festival Cap Go Meh Krendang Raya




Jakarta | Pantau Terkini | Atraksi ekstrim para Tatung dalam Festival Cap Go Meh selalu menjadi daya tarik tersendiri. Seperti aksi Tatung saat Festival Cap Go Meh Krendang Raya 2019 di Jl. Krendang Raya Tambora Jakarta Barat, Minggu (24/2/2019).

Menariknya, ada seorang jurnalis yang saat itu sedang meliput event budaya tahunan tersebut, mendadak menjadi pusat perhatian saat beraksi di atas tandu pedang layaknya Tatung.

Awalnya, Rukmana, wartawan salah satu media komunitas itu hanya ingin sekedar duduk di atas tandu beralasan senjata tajam untuk berfoto. Setelah diizinkan oleh Tatung pemilik tandu. Pasalnya, tidak semua orang diperbolehkan karena dapat membahayakan.

“Tak hanya duduk, ternyata pemilik tandu memperbolehkan saya naik, wah, ngeri-ngeri gimana gitu, tapi penasaran juga, ya udah saya naik meski tangan dan kaki gemeteran, kata temen saya gak apa-apa,” ungkap Rukmana kepada _Pantau Terkini_.

Ia menuturkan, setelah naik dan menginjak pedang tersebut ternyata rasanya seperti menapakan kaki di atas besi biasa.

“Sama sekali tidak sakit, tidak tajam pas saat saya injak, ya sudah saya mulai memberanikan diri, saya pun beraksi layaknya Tatung,” ujar anggota PWI Jaya asal Bandung itu.

“Mungkin kalau tidak ada izin, jangan coba-coba deh, bisa-bisa langsung dibawa ke rumah sakit, yang jelas ini jadi pengalaman luar biasa bagi saya,” pungkas editor yang akrab disapa Ade.

Tatung berasal dari bahasa Hakka, artinya adalah orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur. Para Tatung beraksi melakukan adegan-adegan berbahaya. Mereka menusukan benda tajam ke tubuhnya dengan pedang, pisau atau batang besi. Saat ditandu, para Tatung juga berdiri di atas pedang. Meski terlihat ekstrim, aksi selalu menarik perhatian. Pertunjukan ini menguji adrenalin dan keberanian bagi yang menyaksikannya.

Post a Comment

0 Comments