Wakil Bupati Tegal : Pramuka Teladani Perubahan Sikap Mental


SLAWI – Seorang anggota Pramuka harus menjadi garda depan gerakan perubahan. “Gerakan pramuka harus menjadi pelopor perwujudan nilai integritas, kesantunan, dan tatakrama,” ujar Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie saat membacakan sambutan tertulis Bupati Tegal Hj Umi Azizah pada pembukaan Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Tegal tahun 2019, Minggu (24/2) di halaman Setda Pemkab Tegal.

Wakil Bupati juga mengajak anggota Pramuka untuk mengobarkan semangat gotong royong dan melakukan perubahan dilingkungan sekitarnya.

Ketua Kwarcab Tegal Widodo Joko Mulyono melalui Wakil Ketua bidang Humas Waudin, mengatakan kegiatan pesta siaga dimaksudkan sebagai sarana memberikan wadah yang terarah bagi peserta didik, sehingga diharapkan pramuka siaga dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, serta mengembangkan dirinya.

”Upaya ini juga dalam rangka penanaman sikap disiplin, patriotisme, dan cinta tanah air bagi generasi bangsa,” tegasnya.

Ketua Panitia Pesta Siaga Makmuri menjelaskan, pesta siaga diikuti 360 anggota pramuka dari 18 kwartir ranting se-Kabupaten Tegal yang terbagi dalam 36 barung dengan masing-masing 18 barung putra dan 18 barung putri.

Dalam ajang yang digelar rutin setiap tahun ini, peserta beradu keterampilan dan kreativitas secara sportif dalam 11 taman kegiatan.

"Taman kegiatan itu diantaranya taman Rangking Satu Siaga Gembira, taman Scouting Skill, taman panahan, taman seni budaya, taman Jawa Tengah hebat, taman baris berbaris, dan taman seni budaya," terangnya.

Hadir dalam pembukaan Kepala Dinas Dikbud Retno Suprobowati, Anggota Mabicab Tegal, Pengurus Kwarcab Tegal, Camat, Kepala UPTD Dikbud dan Ketua Kwartir Ranting se Kabupaten Tegal. (***)

Post a Comment

0 Comments