Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Ibu Negara Ajak Bersih-Bersih Pantai



Ambon | Pantau Terkini | Mengawali hari kedua kunjungan kerja di Provinsi Maluku, Rabu, 20 Februari 2019, Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) melakukan kerja bakti membersihkan Pantai Galala Hative Kecil, Kota Ambon. Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 21 Februari esok.

Setibanya di Pantai Galala Hative Kecil sekira pukul 06.15 WIB, Ibu Negara yang tampil sporty mengenakan kaos putih dibalut jaket, dan sneakers coklat, lengkap dengan topi berwarna krem, terlebih dahulu melakukan senam Tobelo Maluku.

Usai melakukan senam, Ibu Negara dan rombongan kemudian melakukan "operasi semut", memunguti sampah-sampah yang ada di sekitar bibir pantai. Berbekal sarung tangan karet dan karung tempat sampah, Ibu Negara mengambil sampah-sampah yang berserakan.

Salah satu anggota OASE-KK, Ratnawati Jonan mengatakan, program ini merupakan salah satu program yang dicanangkan Ibu Negara. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengurangi sampah plastik.

"Ini merupakan salah satu program yang sangat bagus yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat sampai kepada sekolah-sekolah mengenai bahaya sampah plastik dan bagaimana mengurangi sampah plastik," ujar Ibu Ratnawati Jonan.

Ibu Iriana berharap kegiatan ini bisa terus berlangsung ke depannya. Ia juga berpesan kepada istri Gubernur Maluku, Retty Asegaf, agar Pantai Galala Hative Kecil ini terus dijaga kebersihannya.

"Gerakan ini tidak hanya hari ini saja. Saya serahkan kepada Ibu Gubernur untuk bersih-bersih pantai sampai bersih dan ini juga selanjutnya akan sosialisasi ke organisasi-organisasi yang ada di Kota Ambon," kata Ibu Iriana.

Selain membersihkan pantai, pada kesempatan ini Ibu Iriana dan rombongan juga menyerahkan sumbangan berupa tempat sampah. Sebanyak 100 buah tempat sampah diserahkan kepada perwakilan tokoh masyarakat di Maluku.


Ambon, 20 Februari 2019
Plt. Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Post a Comment

0 Comments