PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Menara Miring JIC berhasil DiPerbaiki



Jakarta - Menara Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) yang berada di jl. Kramat Jaya Koja Jakarta Utara yang miring karena kerosi berhasil diperbaiki oleh komunitas Jagat Mengaji, Kata Ahmad Juhandi Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre (14/02/19).

"Menara masjid Jakarta Islamaic Centre yang tingginya 114 m mencerminkan jumlah surat dalam al Quran. Ujung menaranya atau disebut makara  mengalami korosi pada tiang penyangganya. Ada delapan  tiang penyangga makara dan empat tiang mengalami korosi sedangkan yang masih kokoh hanya dua tiang. Sehingga makara tidak bisa tegak dan kalau dilihat dari bawah kelihatannya miring. Kasus ini terjadi sejak Februari 2018" jelasnya.

Ahmad menjelaskan Sekretriat  JIC sudah melaporkan ke pihak-pihak terkait agar makara yang rusak bisa diperbaiki segera sebab bila jatuh sangat membahayakan orang yang ada di bawahnya karena posisinya tidak jauh dari jalan raya. Upaya penganggaran sudah dilakukan tapi masih mengalami berbagai kendala.

"Awalnya kami Komunitas Jagat Mengaji melaksanakan kegiatan takblig akbar di JIC. Kemudian kami melihat menara masjid yang miring. Kita prihatin dan takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka kami mufakat untuk membantu bagaimana agar menara tersebut bagus lagi. Kebetulan di komunitas kami mempunyai ahli dibidangnya setuju untuk membantu" jelas Rezky Pratama ketua Komunitas Jakarta Mengaji.

 "Kemudian Komunitas Jagat Mengaji menggalang dana kepada jamaah melalui media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube. Selain itu pendanaan  juga patungan dari komunitas, dana talangan, dana dari kenclengan kajian di Masjid Salman, Masjid Astra, Masjid Syuhada, donasi melalui medsos ke rekening Yayasan Jagat Mengaji dan lainnya" tambah Rezky

"Sebenarnya setelah selesai memperbaiki makara menara masjid kita akan mempercantik menara tersebut dengan mengecat ulang, memberi sentuhan lampu-lampu hias, memperindah sekitar menara. Tetapi karena ada yang lebih penting yang akan kita bantu yaitu perbaikan kubah masjid JIC yang bocor di beberapa titik yang harus segera diperbaiki agar jamaah bisa nyaman dalam ibadah terutama ketika hujan turun" tambahnya.

Kepala Badan Managemen Jakarta Islamic Centre, KH Ahmad Shodri menuturkan "Kami sangat berterimakasih atas kepedulian dan bantuan dari komunitas Jagat Mengaji. Berkat bantuannya menara bisa bagus lagi. Sehingga keamanan dan kenyamanan jamaah terjamin. Semoga kerjasama selanjutnya bisa berkesinambungan. Demi kemakmuran masjid JIC."(red ***/MF)

Cahyo Noegroho

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daerah Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jawa Barat jawatengah jawatimur Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata