Kasdim Tegal menghadiri pembukaan Rakor Percepatan Open Defection Free (ODF)/Stop Buang Air Besar Sembarang Th 2019

Slawi -  Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf. Akhmad Aziz menghadiri Pembukaan Rakor Percepatan Open Defection Free (ODF)/Stop Buang Air Besar Sembarang Th.2019 Yang dipimpin oleh Bupati Tegal Dra. Umi Azizah di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal Jl. Dr. Soetomo No. 01 Kec. Slawi. Rabu (20/02)

Dalam sambutannya Bupati Tegal mengatakan bahwa masih sering dijumpai warga membuang kotoran atau tinjanya di ladang, hutan, semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya yang itu dibiarkannya menyebar, mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.
Selain mengancam kesehatan warga, kebiasaan tersebut sangat merugikan karena bisa mengakibatkan terjangkitnya penyakit menular usus, kerugian dari sisi ekonomi yang ditimbulkan untuk proses penyembuhan pasien juga tidak sedikit.
Disampaikan pula sebagaimana kebijakan RPJMN 2014-2019, di akhir tahun ini Pemerintah berkomitmen menuntaskan 100 persen stop bebas buang air besar sembarangan. Oleh Pemerintah Kabupaten Tegal, program tersebut diperkuat dengan Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat Desa Mandiri (PDPM-DM). “Dengan demikian, saya mengeluarkan Surat Edaran untuk mengarahkan desa mengalokasikan sumber daya dan sumber dananya untuk menuntaskan perilaku BABS di semua desa”, ucapnya.
“Kepada seluruh kepala desa, jangan pernah lelah untuk membangun kesadaran warganya agar berperilaku hidup sehat sampai itu benar-benar membudaya. Terus bangun komunikasi dan sistem koordinasi yang terbuka dengan para sanitarian, para pendamping desa”, pungkas Bupati. (pendim tegal)

Post a Comment

0 Comments