PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Evaluasi Kinerja Bupati Tegal Kumpulkan Personil in Charge Layanan Apilkasi Lapor Bupati



PANTAUTERKINI.CO.ID.SLAWI  - Tingkatkan kepuasan layanan publik pemerintah, Bupati Tegal Umi Azizah bersama Bagian Humas dan Protokol Setda mengevaluasi kinerja Aplikasi Lapor Bupati Tegal. Koordinasi yang diikuti seluruh Personil in Charge (PIC) layanan Lapor Bupati ini digelar di Ruang Rapat Bupati, hari Kamis (31/1) pagi kemarin.

Didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tegal Zefri Yusuf, lewat sambutannya Umi mengatakan bahwa dirinya bersama OPD adalah pelayan yang tugasnya melayani rakyat. "Tuan kita adalah rakyat dimana kepuasan publik menjadi indikator kita dalam bekerja", kata Umi.

Sejalan dengan itu, Umi minta agar semua keluhan warga bisa direspon cepat. Umi menegaskan, PIC harus tanggap dan bergerak cepat manyampaikan informasi keluhan atau laporan dari warga ke pimpinan masing-masing.

"Jadi yang penting direspon dulu keluhan dari masyarakat. Soal data atau informasi pendukung lainnya bisa dicari sambil meninjaklanjuti laporan," ujar Umi.

Lebih lanjut Umi menyampaikan apresiasinya pada PIC yang menjawab aduan masyarakat dengan bahasa yang tidak kaku, karena birokrasi era sekarang harus luwes dan akrab dengan rakyatnya.

Menurut Umi, sebagaimana amanat Undang-Undang 25/2009 tentang Pelayanan Publik, penyediaan layanan pengaduan masyarakat seperti Lapor Bupati ini adalah kewajiban setiap penyelenggara pelayanan publik. "Disisi yang sama, Lapor Bupati Tegal adalah frontline, wajah dari kinerja birokrasi kita. Lewat layanan inilah pemerintah memberikan kesempatan ke publik untuk menyampaikan keluhan atau pengaduannya manakala ada pelayanan yang diterimanya tidak sesuai dengan harapan atau apa yang dijanjikan pemberi layanan," terangnya.

Di era keterbukaan, lanjut Umi, menilai wajar jika masyarakat kemudian menyampaikan prasangka tidak baiknya di media sosial karena mereka menginginkan layanan yang terbaik. "Jadi, jangan sungkan untuk meminta maaf jika memang kurang dalam membrikan pelayanan, apa kurang cepat, kurang ramah dan sebagainya", katanya.

Disampaikan Umi jika setiap pagi dirinya selalu memantau perkembangan pengaduan masyarakat, baik lewat SMS Lapor Bupati di 085600080709 maupun aplikasi androidnya, termasuk yang di media sosial. "Kesimpulan saya, kinerja pelayanan publik kita semakin baik, hanya responnya saja yang dipercepat", ungkapnya.

Untuk itu, imbuh Umi, PIC di semua OPD tidak hanya merespon keluhan warga dengan jawaban solutif, tapi juga mengunggah tindaklanjut penyelesaiannua di lapangan ke  media sosial, disertai foto atau tayangan video dengan tagar "LaporBupTegal".

Hal tersebut menurutnya penting, karena berkaitan dengan aspek transparansi. "Tujuannya agar masyarakat mengetahui bahwa keluhannya sudah direspon dan ditindaklanjuti, sekaligus mengedukasi atau memberikan solusi pada masyarakat atas permasalahan yang sama", katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan dialog bersama seluruh peserta rapat yang dipandu oleh Kepala Sub Bagian Pemberitaan dan Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tegal Hari Nugroho. Sebelum memulai sesi dialog, Hari mengumumkan lima orang PIC Lapor Bupati terbaik untuk periode layanan Oktober 2018 hingga Januari 2019. Masing-masing dari mereka mendapat tas punggung. "Lima PIC terbaik tersebut adalah dari BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, PLN, Kecamatan Kramat dan Disdukcapil", katanya.(***/tim)

Cahyo Noegroho

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daerah Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jawa Barat jawatengah jawatimur Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata