Pemerintah Kabupaten Wajo Gelar Rakor Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Desa




WAJO,PANTAU TERKINI.CO.ID -Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mengadakan rapat koordinasi penyelenggaraan Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa tingkat Kabupaten Wajo Tahun anggaran 2019,  di Glory Convention Center. Selasa 8 Januari 2019.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil ketua DPRD Kabupaten Wajo, Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Inspektorat kabupaten Wajo, Bapenda Kabupaten Wajo, BPKAD Kabupaten Wajo, Kepala BPJS ketenagakerjaan, Para Camat se Kabupaten Wajo, para Kepala Desa se Kabupaten Wajo, Ketua BPD se Kabupaten Wajo, Ketua LPMD se Kabupaten Wajo, Sekretaris BPD SeKabupaten Wajo dan Sekretaris Desa Kabupaten Wajo.

Adapun latar belakang dari kegiatan Rapat koordinasi ini adalah melakukan evaluasi progres kegiatan pemerintahan desa tahun 2018, ada kekurangannya dan ada kelebihannya, Tahun 2019 apa-apa saja yang akan diperbaiki di masa mendatang yang baik kita lanjutkan yang jelek kita tinggalkan serta melakukan koordinasi kondisi yang berkembang saat ini.

Pembangunan Desa harus searah dengan pembangunan di Kabupaten,  juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa, sesuai nawacita , yaitu membangun desa dari pinggiran, peningkatan sarana infrastruktur desa, Pasar Desa, Bumdes . Sekarang masyarakat desa sudah merasakan infrastruktur dari pembangunan melalui dana desa dan diharapkan manfaatnya di desa dan masyarakat desa.



Arahan dari Bupati Wajo H. Andi Burhanuddin Unru, M.M mengatakan acara ini mendengarkan dan menyegarkan ingatan kita untuk menghadapi 2019, yang tidak baik kita buang dan yang baik atau positif kita lanjutkan. Saya ingin meninggalkan kesan yang baik, tugas-tugas yang dilakukan kepala desa akan lebih baik di tahun mendatang harus banyak konsultasi dengan instansi terkait, untuk kades hal-hal yang bisa merusak harus dihilangkan, laksanakan program dan jangan selalu diinvestigasi.

Program yang berjalan di pedesaan atau nawacita ini perlu dilanjutkan pemberdayaan masyarakat banyak terkait dengan Posyandu,  PAUD, Kesehatan gratis, Pendidikan gratis, bagaimana program yang kita lakukan bisa mensejahterakan rakyat,  bagaimana  Sumber Daya manusia bisa sehat dan pintar.
Diawal pemerintahan kami pendapatan masyarakat Wajo 7 juta per kapita dan di akhir masa jabatan kami sudah mendapatkan 47 juta pendapatan perkapita per orang, dan kami sangat bersyukur dan juga berterima kasih atas dukungan para Kepala Desa selama 10 tahun di periode pemerintahan kami Bupati Wajo menutup arahannya.

Sambutan dari wakil ketua DPRD Kabupaten Wajo H.Risman menyampaikan perjalanan kita dengan Bupati Wajo selama 10 tahun dan akan mengakhiri jabatannya ada hal yang berkesan yang pernah beliau sampaikan, sebagai bupati saya ingin membangun Wajo dari desa ke kota, apabila kita membangun desa tentu akan berdampak ke kota dimana pendapatan dari Desa . dan masyarakat desa akan  membelanjakan uangnya ke kota. saya sangat mengapresiasi gagasan beliau, dan ucapan terima kasih dari DPRD Kabupaten Wajo kami sangat mengapresiasi kepada Bupati Wajo jika ada saran suara-suara sumbang itu memang merupakan suatu irama menutup sambutannya.

Sedangkan sambutan dari Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa , Syamsul Bahri, S.IP.,M.Si. mengatakan , bahwa rapat koordinasi awal tahun 2019, di samping mengevaluasi kegiatan yang berjalan di 2018 juga kita koordinasikan untuk tahun 2019, Rapat Koordinasi bersifat umum , penyelenggaraan pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat desa semua dilibatkan ada dari Bappeda, keuangan, inspektorat, PMD, Bapenda apa saja yang bisa diperbaiki dan dilaksanakan ke depan. terangnya

Sumber: Humas Pemkab Wajo

Post a Comment

0 Comments