Nasional

Daerah

Hukum

Tipikor

Video News

You are here

PMI Surakarta Bantu PMI Bentuk Sibat Desa Sibowi


Sigi|Pantau Terkini | Siang ini 22/12/2018 tepat pukul 09.00 Dilaksanakan pembukaan pelatihan siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT) di Aula desa sibowi yang dibuka langsung oleh Zain selaku ketua BPD desa Sibowi, kecamatan tanambulava, kabupaten Sigi di dampingi oleh krisnantyo koordinator tim 6 sulteng PMI kota surakarta.

Pelatihan ini di ikuti 30 peserta dari dusun satu, dua dan tiga , desa sibowi, Pelatihan SIBAT akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 22-25 desember 2018 dengan materi mulai pengenalan kepalangmerahan, pengenalan kebencanaan, Alur koordinasi penanggulangan bencana dan di sambung dengan simulasi lapang tanggap darurat bencana.

Seperti yang kita ketahui 2 bulan lalu dikabupaten sigi terjadi gempa, tanah longsor, banjir dan fenomena likuifaksi sehingga sangat perlu dibentuk SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat).

Di harapkan dengan dilatihnya tim SIBAT desa sibowi masyarakat dapat menjadi garda terdepan dalam penanganan kebencanaan baik dalam pra bencana ,pas bencana dan pasca bencana.

Peran aktif masyarakat menjadi tim SIBAT ini nantinya dapat di gunakan menjadi tangan panjang dari PMI yg bergerak dalam misi untuk kemanusiaan.

Zain, Ketua BPD (Badan Perwakilan Desa) Desa Sibowi di sela kegiatan pembukaan menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, PMI Surakarta bersedia memberikan pelatihan dan membuatkan hunian sementara di desa sibowi ini, dimana huntara ini dibangun diatas lokasi rumah yang rusak.

Saya selaku perwakilan desa memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk PMI Surakarta yang sudah jauh-jauh kesini untuk memberikan bantuan hasil donasi melalui PMI Surakarta, tak lupa kami sampaikan terimakasih kepada masyarakat surakarta dan donatur yang secara tulus ikhlas donasi melalui PMI Surakarta, terangnya.


Krisnantyo, koordinator tim 6 menuturkan bahwa ini adalah tim terakhir dari PMI surakara. Setelah SIBAT terbentuk lalu akan kami bangunkan Posko SIBAT desa sibowi yang harapanya di posko tersebut bisa digunakan untuk tempat koordinasi dalam kegiatan kemanusiaan.

Kami juga membuka komunikasi kepada SIBAT desa sibowi jika sewaktu-waktu ingin berkonsultasi dan dengan terbuka kami juga akan mentransfer ilmu yang sudah kami dapatkan, pungkasnya.

-Humas PMI Kota Surakarta-

Redaksi Pantau Terkini

Editor Penulis ini adalah Kepala Perwakilan Daerah dan Terdaftar sebagai Wartawan Pantauterkini.co.id Silahkan lihat di Box Redaksi " Hubungi Redaksi 088294504822 Jika Ada kesalahan.

No comments:

Total Pageviews

Followers