Top Ad 728x90

01 December 2018

Desa Pasirpanjang Rawan Longsor, Kodim 0713/ Brebes Siapkan BANGBARA



PANTAUTERKINI.CO.ID.BREBES - Memasuki awal musim penghujan dengan skala intensitas yang cukup berpotensi terjadi longsor akibat adanya likuifaksu atau tanah bergerak, terutama di sekitar titik mahkota longsor lama, tepatnya di Hutan Labuan Bulan Desa Pasirpanjang kecamatan Salem Kabupaten Brebes yang juga pernah terjadi longsor 22 Febuari 2018 lalu.

Hal ini langsung mendapat tanggapan serius dari pihak pemerintahan dengan membentuk tim gabungan untuk mengantisipasi sedini mungkin bencana, Serka Wartono anggota Unit Intel Kodim 0713/ Brebes memberikan pelatihan materi repling termasuk cara pemasangan harnes tubuh dan menuruni bukit guna menyelamatkan korban, disimulasikan bahwa pohon adalah tebing.

Bahkan Komunitas Barudak Kumbang Sagara ( BANGBARA) Desa Bentarsari Kecamatan Salem yang diketuai Urip Subagyo, disiapkan sebagai garda terdepan melaksanakan evakuasi korban jika bencana terjadi, baik utamanya longsor, puting beliung maupun banjir di wilayah kecamatan tersebut.

Menurut Serka Wartono,  20 orang anggota dari Komunitas Barudak Kumbang Sagara Desa Bentarsari kami siapkan sebagai relawan lokal guna evakuasi pertama jika terjadi musibah bencana, latihan ini agar mereka betul-betul siap dan meminimalisir jatuhnya korban dari pihak penolong. Aplikasi militer menuruni dan menaiki tebing sambil membawa korban atau POL (Pengangkutan Orang Luka) dengan tali saya berikan, " terangnya ( Red- Cah/Aan)

0 komentar:

Top Ad 728x90