Renungan Suci di Monumen Perjuangan ci Hanjuang


Sukabumi Pantau Terkini, Puluhan Siswa/siswi Madrasah Aliyah Peduli Lingkungan Hidup Nyalindung Kabupaten Sukabumi yang tergabung dalam Satuan Kerja (Saka Wirakartika), berjalan ditengan gelapnya malam menelusuri jalan yang digunakan para pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia tempo dulu yang melintasi bukit ci hanjuang Desa Sukamaju,  tepat Pukul  00.00 dinihari Sabtu, 10 Nopember 2018  tiba dilokasi dan langsung Gelar Renungan Suci di Monumen Perjuangan Kp. Cihanjuang Desa Sukamaju Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Prov Jawa Barat, Pembacaan Doa untuk para Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia yang telah gugur mendahului kita, di Pimpin oleh Jajah Koswara, S.PdI (Wakabid Kesiswaan MA-PLH).

Tugu Monumen Perjuangan Cihanjuang memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi kehidupan generasi bangsa, di tempat tersebut pasca Kemerdekaan 1945 adalah suatu tempat yang digunakan oleh para Pejuang Kemerdekaan menyusun strategi dan sebagai tempat koordinasi pertempuran di daerah Bojong Kokosan dan Sukalarang untuk menghancurkan Agresi Belanda ke dua.

Usep, (Kepala MA Peduli Lingkungan Hidup) berkenan menyampaikan kilas balik Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia, dalam uraiannya menyampaikan. “Para Pahlawan kita rela berjuang matimatian mengusir penjajah.  seperti di Wilayah Sukabumi berlangsung peperangan dibeberapa tempat Pasca Kemerdekaan, diantaranya, pada tanggal   9-12 Desember 1945  terjadi  perang yang berpusat di Bojong Kokosan. Para Pejuang berhasil melumpuhkan sekutu meski dengan persenjataan seadanya, kemudian terjadi perang pada tanggal 10-14 Maret 1946 terjadi di tengah Kota Sukabumi, para Pejuang berhasil melumpuhkan tiga battalion Inggris. Pejuang Kemerdekaan khususnya Resimen Sukabumi bersama barisan Hizbullah, Sabilillah dan laskar lainnya berhasil membebaskan Sukabumi dari Agresi Belanda ke dua”. Ungkapnya.

Kami sebagai Generasi penerus Bangsa, bangga dengan jasa para Pahlawan  yang telah memberi warna bagi kehidupan kami, dapat membebaskan kami dari belenggu penjajahan dan kebodohan, semoga arwah Almarhum para Pahlawan kita mendapat tempat yang mulia disisi Allah azzawazalla, demikian disampaikan Rian (Ketua OSIS MA-PLH) seraya menambahkan tak lupa kami sampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada para Pahlawan tanpa tanda jasa yaitu Guru kami yang telah membimbing kami, hingga kami menjadi tahu akan arti kehidupan, Tandasnya (usep)

Post a Comment

Post a Comment