Top Ad 728x90

21 November 2018

Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kota Palopo Tahun 2018-2023


Palopo | PT | Laporan Kepala Bappeda Kota Palopo, Firmanza D.P, menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah penyempurnaan langkah  awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Palopo Tahun 2018-2023.


Diharapkan agar seluruh stakeholder untuk memberikan saran-saran mengenai penyempurnaan langkah  awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Palopo Tahun 2018-2023.

Sementara itu, Walikota Palopo, H.M. Judas Amir sekaligus membuka kegiatan tersebut menyampaikan sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Pasal 48 Ayat (1) "Rancangan Awal RPJMD sebagaimana dimaksud pasal 47 ayat (4) dibahas dengan para pemangku kepentingan melalui Forum Konsultasi Publik".

Lanjutnya, Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kota Palopo Tahun 2018-2023 merupakan penjabaran visi, misi, tujuan, sasaran, Indikator Kinerja dan program pembangunan strategis untuk mewujudkan sinergitas Pembangunan Nasional dan Daerah yang digariskan oleh RPJMN dan RPJMD.

Menurut Judas, sejalan dengan semangat transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan, masyarakat dapat mengetahui substansi, proses penyusunan serta dapat memberikan masukan guna perbaikan RPJMD, maka diharapkan para pemangku kepentingan dapat secara aktif mengikuti dan memberikan masukan konstruktif terhadap konsep perencanaan pembangunan yang disusun oleh Pemerintah Kota Palopo. Sesuai dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota yang telah disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada proses Pemilihan Umum Kepala Daerah yaitu "Terwujudnya Palopo Sebagai Kota Maju, Inovatif dan Berkelanjutan pada Tahun 2023".


Karena pada dasarnya pembangunan ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemenuhan hak dasar yang telah digariskan dalam 6 (enam) Standar Pada Minimal dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Pada kegiatan tersebut dilakukan pula Penandatanganan Hasil Kesepakatan  Konsultasi Publik Rancangan awal RPMJD Kota Palopo Tahun 2018-2023 antara Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan dengan Pemerintah Kota Palopo.

Tampak hadir Wakil Walikota Palopo, Ir.H. Rahmat Masri Bandaso, Sekretaris Daerah Kota Palopo, H.Jamaluddin, yang mewakili Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan, Rosyidah Arsal, para Kepala Perangkat Daerah Kota Palopo, Para Camat Se Kota Palopo.(suardi)

0 komentar:

Top Ad 728x90