Jogjakarta Sasaran Study Banding UMKM Korwil Brebes



PANTAUTERKINI.CO.ID. BREBES - Pengurus UMKM  Remojong Adab Brebes Koordinator Wilayah (Korwil) Brebes dan Sekitarnya melakukan study banding ke Rumah Kreatif Binaan Bank Rakyat Indonesia Kantor wilayah Yogyakarta.

Pengembangan dan digitalisasi UKM, dengan kegiatan Workshop Study kelayakan usaha serta kunjungan Rumah Kreatif Jogyakarta (RKJ) Mitra Binaan di dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes dan dengan adanya RKJ ini pemberdayaan ekonomi kerakyatan khususnya bagi pelaku UMKM untuk di upayakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian Indonesia.

Nani Nurhayati, Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Perdagangan dan Koperasi kabupaten Brebes, mengatakan pentingnya Umkm dalam perekonomian negara maka beberapa BUMN membangun RKJ untuk mengembangkan kapasitas dan kapabilitas umkm salah satunya di kabupaten Brebes.

" Di RKJ Pelaku UMKM di bimbing, didampingi untuk menjawab tantangan utama pengembangan Umkm dalam hal peningkatan kompetensi, proses pemasaran atau marketing, serta kemudahan proses permodalan", katanya.

Dirinya menambahkan banyak hal yang kita pelajari dari hasil study banding ini agar arahnya bisa jelas nantinya.

Dalam kegiatan Study Banding, para peserta di bimbing dan di perlihatkan UMKM sebagai contoh RKJ binaan kanwil Yogyakarta mulai dari proses awal sampai dengan sekarang dan akan mulai digerakkan untuk membantu para pelaku UMKM di lingkungan kabupaten Brebes agar bisa mengembangkan diri memajukan perekonomian Brebes khususnya perekonomian keluarga.

Sementara Sulistyo,  pengurus UMKM Remojong Adab Brebes Korwil Brebes dan Sekitarnya mengungkapkan, untuk sementara Produk UMKM sudah bisa di pasarkan lewat pemanfaatan media sosial sebagai branding yang sangat efektif.

" Selain itu juga para pelaku harus bisa memanfaatkan program dari pemerintah untuk mempermudah permodalan bagi UMKM seperti pemanfaatan dana KUR", ungkapnya.(Red- CN / eko)

Post a Comment

Post a Comment