Yuminah Temukan Bunga Bangkai Dihalaman Rumahnya


Depok | pantau terkini | Dua hari yang lalu seorang warga Pancoranmas menemukan setangkai bunga bangkai yanh tumbuh dihalaman  rumahnya yang rimbun dengan tumbuhan liar.

Kita ketahui   bunga bangkai dengab nama lain Kibut atau Amorphophallus titanum Becc., merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia, meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas (juga endemik dari Sumatera) dapat menghasilkan bunga setinggi 5m.[1] Kibut disebut juga bunga bangkai dikarenakan bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.

"Saya tidak paham....bang  karena saya lagi  nyapu dua hari lalu tiba-tiba sudah ada itu bunga."  Papar Yuminah pemilik rumah .

" Pas siang saya lihat ada bunga malah mekar gitu" . ungkap yuminah pemilik rumah di jalan. H. Amsir rt 01/04 no. 68 kupu rangkapan jaya psncoran mas depok
 Ini sudah beberapa hari . Takut layu.

Bunga bangkai atau Kibut sering dipertukarkan dengan patma raksasa Rafflesia arnoldii.

Mungkin karena kedua jenis tumbuhan ini sama-sama memiliki bunga yang berukuran raksasa, dan keduanya sama-sama mengeluarkan bau yang tak enak.

Jenis-jenis Amorphophallus juga dapat dijumpai pada hutan hujan tropis di Stasiun Penelitian Hutan Tropis (SPHT) Taman Nasional Kayan Mentarang di Lalut Birai, Desa Long Alango, Kecamatan Bahau Hulu, Kabupaten Malinau. (Jem)

Post a Comment

Post a Comment