Select Menu

Slider

Daerah

Hukum

Legislatif

Derap

TNI Manunggal Masuk Desa

Peristiwa

Videos

» » » » Upacara Hari Kesadaran Nasional 17 September 2018 Bertempat Lapangan Pancasila Palopo
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


PALOPO | PANTAU TERKINI | Sambutan pj.Walikota Palopo Andi Arwien Aziz yang di wakili oleh Sekretaris Daerah H.Jamaluddin,SH.MH,  kita dapat melaksanakan kegiatan rutin upacara bendera dalam rangka meningkatkan kesadaran nasional, yang tentunya diharapkan mampu menguatkan solidaritas dan soliditas kita guna mewujudkan program pembangunan demi terwujudnya harapan bersama serta kesejahteraan masyarakat. 

Pertama-tama, kepada seluruh umat muslim se-Kota Palopo saya ucapkan selamat memasuki tahun baru islam 1 Muharram 1440 hijriyah. Semoga pada tahun baru ini akan memberi spirit bagi kita semua dalam meningkatkan keimanan diri menuju terwujudnya pribadi yang berkarakter dan berintegritas tinggi menuju tercapainya Palopo sebagai kota berdimensi religi.  Selanjutnya pada kesempatan ini, perkenankan saya menyampaikan dan mengingatkan beberapa hal Pertama pada bulan ini bertepatan dengan sejumlah momentum penting dan bersejarah, salah satunya adalah  hari pamong praja,  namun intinya pamong praja tetap diposisikan dengan tugas tugas utama yakni menjalankan pemerintahan untuk melayani masyarakat serta konsisten menjaga keutuhan bangsa dan negara. Berkaitan dengan itu, maka momentum hari pamong praja, tahun ini saya berharap kepada seluruh jajaran pemerintah Kota Palopo agar bersama-sama menjaga semangat dan karakter kepamong prajaan dalam meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Perkuat humanisme, koordinasi tugas serta hindari egosentris yang dapat merusak tatanan pemerintahan yang pada akhirnya merugikan masyarakat. 

Yang kedua bahwa pada hari ini, 17 September 2018 juga bertepatandengan peringatan Hari Palang Merah Indonesia. Peran dan fungsi kemanusiaan yang ditunaikan oleh PMI tidaklah mudah, banyak tantangan dan bahkan tantangan yang dihadapi. Di Kota Palopo, PMI memiliki ruang lingkup tugas dan tanggung jawab yang sangat besar, khususnya dalam rangka memastikan ketersediaan stok darah yang cukup untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Olehnya itu melalui kesempatan ini saya mengajak dan menghimbau pada semua pihak agar bersama-sama membantu PMI dalam mendukung ketersediaan stok darah dengan rutin melakukan kegiatan donor darah. Setetes darah yang kita donasikan tentu akan sangat membantu keselamatan nyawa bagi sesama.  Saya ingin tekankan bahwa dengan hari PMI, kiranya dapat menumbuhkembangkan semangat kemanusiaan dan jiwa sosial kita. Insya Allah jika kita senantias komitmen dan konsisten dalam mewujudkan gerakan sosial kemanusiaan maka tentu akan mendapat imbalan setimpal dari Tuhan Yang Maha Kuasa.  

Berkaitan dengan itu pula, saya mengajak pada kita semua untuk tetap menyisihkan separuh rejeki kita untuk penggalangan bantuan kemanusiaan bagi saudara-saudara kita di pulau Lombok yang tertimpa musibah gempa bumi pada bulan Agustus 2018. Bagaimana pun saat ini dalam proses pemulihan pasca gempa mereka masih membutuhkan bantuan dan dukungan moril dari kita.         

Yang ketiga pada hari ahad kemarin kita telah mengikuti rangkaian pelaksanaan deklarasi damai menjelang pelaksanaan pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden pada tahun 2019. Tentunya tensi politik menjelang momentum tersebut sangat labil dan berpotensi menimbulkan gejolak sosial.  Meski demikian, kita selaku warga Kota Palopo telah membuktikan pada pelaksanaan tahapan pemilukada serentrak 2018 yang lalu, Kota Palopo yang tadinya masuk kategori zona merah berhasil melampaui masa-masa ketegangan dengan berbagai pendekatan yang dilakukan secara bersama dan massif. Belajar dari penglaman itu, maka saya mengajak kita semua untuk mengulang kesukesan tersebut pada pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilu presiden dengan tetap menjaga kebersamaan dan kedamaian. Cegah sedini mungkin upaya dan potensi konflik yang ada. Deklarasi damai jangan hanya bersifat formalitas, namun harus diwujudkan secara nyata dalam sikap dan perbuatan.   Kita tidak ingin hanya karena perbedaan, kita terpecah belah 

Yang keempat bahwa dalam waktu dekat ini akan diadakan kembali penilaian dan verifikasi Kota sehat tahun 2018. Predikat dan penghargaan sebagai kota sehat yang telah diraih oleh pemerintah dan masyarajkjat kota Palopo selama 3 kali adalah modal utama bagi kita untuk meraih prestasi serupa pada tahun ini, olehnya itu saya menghimbau kita semua agar bersama-sama mendukung pencapaian prestise itu dengan menjaga kebersihan dan memelihara kesehatan diri dan lingkungan kita masing-masing. Saya berharap setiap institusi dapat menjadi motivator dan bahkan isnpirator bagi masyarakat dalam mewujudkan pola hidu sehat yang berkelanjutan. 
Melalui kesempatan ini saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dukungan dan kerjasama semua pihak sehingga pada tahun ini, Kota Palopo yang diwakili oleh kelurahan Pontap berhasil meraih juara tiga pada ajang lomba kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Prestasi ini adalah kebanggaan kita sekaligus menjadi tantangan agar kedepan dapat lebih baik lagi. Semoga dengan prestasi itu juga , keluraha lainnya dapat lebih terdorong untuk melakukan upaya pembenahan dan pembinaan yang lebih baik. 

Selaku penjabat Wali Kota Palopo yang akan segera mengakhiri masa tugas dan pengabdian di Kota Palopo  dengan ini menyampaikan ucapan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika sekiranya selama memimpin masa transisi di kota ini terdapat hal yang berkenan dihati bapak/ibu dan seluruh warga Kota Palopo. saya telah berupaya maksimal memberi konstribusi yang terbaik bagi kota ini, namun saya menyadari masih terdapat sejumlah keterbatasan.  
Selanjutnya saya juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tak terhingga atas segala dukungan dan kerjasama yang baik selama ini dari semua pihak. Dukungan itulah yang membuat kami dapat bekerja dan mengabdi dengan semangat. Kota Palopo akan menjadi kenangan dan kebanggaan bagi saya kini dan pada masa mendatang.

Usai upacara dilanjutkan dengan penyerahan hasil kompetisi inovasi pelayanan publik lingkup Pemerintah Kota Palopo Tahun 2018
1. Inovasi "Banua Merah (Bantu Anak Meraih Harapan) dengan kategori pelayanan kesehatan oleh unit kerja UPTD Puskesmas Wara Kota palopo 
2. Inovasi "Layanan Perizinan Mabassa" (Mudah, Akuntabel, Bersahabat, Adil, Sederhana, Simpatik dan Aman) dengan kategori administrasi pelayanan publik oleh perangkat daerah dinas penanaman modal Dan pelayanan terpadu satu pintu kota Palopo. 
3. Inovasi "Kang Mas cerdik dan Patuh" (Kampung Gerakan Masyarakat Sehat dengan Perilaku Cerdik dan patuh) dengan kategori pelayanan kesehatan oleh Perangkat Daerah Dinas Kesehatan Kota palopo. 

Turut hadir Jajaran Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Kota palopo, para Asisten, para Kabag Setda Kota Palopo, Camat dan Lurah, Pimpinan perguruan tinggi, BUMN dan BUMD Kota Palopo.(suardi)

About Panter Redaksi

KAMI Pewarta Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks Tanpa data yang aKurat dan Opini yang tidak Membangun .
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments