PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Tingkatkan Kualitas, Dinsos DKI Nilai KUBE Berprestasi



PANTAUTERKINI.CO.ID.JAKARTA -Kualitas Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang menjadi program penanganan kemiskinan di DKI Jakarta, Dinas Sosial DKI Jakarta melakukan penilaian terhadap KUBE dan Pendamping KUBE Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta. Penilaian itu diikuti oleh 5 KUBE dan 5 pendamping KUBE terbaik yang mewakili 5 wilayah kota di DKI Jakarta.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Susy Dwi Harini menyampaikan, penilaian ini untuk mencari bibit KUBE dan pendamping KUBE yang handal. Karena KUBE yang handal dan berkualitas menjadi cikal-bakal pertumbuhan program KUBE di masyarakat.

"Di luar sana orang-orang memahami KUBE identik hanya soal ekonominya saja. Padahal, selain aspek ekonomi ada aspek lain yang menunjang eksistensi KUBE-KUBE itu," ujar Rini saat membuka penilaian KUBE dan Pendamping KUBE Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta di Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta pada Kamis (20/9).

Menurut Rini, ada tiga aspek yang menunjang eksistensi KUBE. Aspek kelembagaan, aspek sosial, dan aspek ekonomi. Aspek-aspek itu menjadi standar dalam menjadikan KUBE itu handal dan profesional. Aspek itu juga yang menjadi kriteria penilaian KUBE dan Pendamping KUBE Berprestasi.

"Di aspek kelembagaan di mana terjadinya proses pembelajaran anggota dalam mengelola usaha. Bagaimana mereka optimalkan sistem kelembagaan yang terstruktur dengan baik. Aspek sosial adalah nilai sosial yang terkandung. Seperti nilai kejujuran, komitmen, integritas, tanggung jawab sosial, partisipasi, kesetiakawanan sosial, dan gotong royongnya terhadap sesama anggota," terang Rini.

Sedangkan aspek ekonomi, katanya, sejauh mana nilai ekomomi yang terkandung di dalam KUBE. Indikatornya adalah ekonomi mikro. Contohnya, ketika sebelumnya seseorang tidak memiliki pekerjaan, serabutan, penghasilan kurang, maka dengan adanya KUBE bisa menjadi sumber mata pencaharian, tabungan, hingga modal usaha. Itu semua membantu meningkatkan pendapatan keluarga. KUBE ini juga akan disinergikan dengan Gerakan Ok Oce.

Sementara itu, Kepala Seksi Fakir Miskin Dinas Sosial DKI Jakarta, Rani Nurani mengatakan, tujuan awal penilaian KUBE dan pendamping KUBE berprestasi ini untuk meningkatkan kualitas kinerja dan profesionalitas mereka. Selain itu juga untuk meningkatkan semangat motivasi kerja para pengurus KUBE dan pendamping KUBE.

"Dengan dilakukannya penilaian ini, KUBE sebagai salah satu program penanganan fakir miskin di DKI Jakarta ini bisa meningkatkan kesejahteraan sosial keluarga penerima manfaat KUBE," kata Rani.

Tim penilai, kata Rani, berasal dari praktisi sosial, Forum CSR, dan akademisi. Adapun hadiah diberikan kepada juara pertama, kedua, ketiga, harapan satu, dan harapan dua. Mereka akan mendapatkan trophy, uang pembinaan, dan piagam.

Juara pertama KUBE akan mendapatkan uang pembinaan sebesar 11 juta, juara kedua 8,8 juta, juara ketiga 6,6 juta, harapan satu 4,4 juta, dan harapan dua 3,3 juta. Sedangkan juara pertama bagi pendamping KUBE mendapatkan uang pembinaan sebesar 8,8 juta, juara kedua 6,6 juta, juara ketiga 4,4 juta, harapan satu 2,2 juta, dan harapan tiga 2,1 juta.(Mf/RedCN/sumber data dan publikasi dinsos DKI)

Cahyo Noegroho

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daerah Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jawa Barat jawatengah jawatimur Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata