Select Menu

Slider

Daerah

Hukum

Legislatif

Derap

TNI Manunggal Masuk Desa

Peristiwa

Videos

» » Peran Aktif Perangkat Desa Bersama Babinsa Dalam Bantuan Ternak dan Pakan
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post



PANTAUTERKINI.CO.ID.BREBES - Usaha peternakan merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Untuk memacu ketahanan pangan dalam sektor peternakan, pemerintah pusat dan provinsi menyalurkan bantuan melalui BBPTU-HPT Baturraden (Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak) kepada warga masyarakat Kecamatan Bumiayu yang dilaksanakan di Dusun Beji Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu. Sabtu (8/9/18).

“Pendistribusian pengadaan ternak kambing dan ayam progam pemerintah dalam Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (#BEKERJA), merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah pusat yang akan langsung dirasakan oleh masyarakat. Bantuan ini, program pertama kali di tahun 2018 dari Kementerian Peternakan RI, sebagai tindak lanjut Nawa Cita Presiden Ir. Joko Widodo. Semoga dapat mendorong perekonomian keluarga warga Dusun Beji umumnya dan dalam jangka panjang mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Brebes.” itulah yang diungkapkan Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE.MH saat sambutan.

Bantuan ini juga dikawal oleh Koramil 08 Bumiayu Kodim 0713 Brebes, sebagai satuan teritorial yang berkewajiban membina desa-desa di wilayah kecamatan tersebut. Jadi diharapkan dengan bersinergi dengan perangkat desa, bantuan kepada 3 desa dapat tepat sasaran. Tak sebatas itu saja, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas, anggota Satpol PP dan Linmas Bumiayu, juga melaksanakan pengamanan penyerahan bantuan.

Penyerahan ternak kambing dan ayam kepada 455 RTM (Rumah Tangga Miskin), dilakukan secara simbolis oleh Bupati dengan disaksikan ribuan warga setempat dan sekitarnya. Adapun rinciannya sebagai berikut : kambing 40 ekor kepada 40 RTM, ayam 22.750 ekor @ Rp. 29.500/ekor, pakan 22.750 Kg @ Rp. 6.200/kg, Obat-obatan 455 paket @ Rp. 49.900/paket

Ketiga desa yang dimaksudkan adalah Desa, Kalinusu untuk 2 dusun yaitu Dusun Beji Rt. 6 Rw. 1 dan Krajan Tengah Rt. 4 Rw. 3, masing-masing dusun bagi 120 RTM (20 ekor kambing, 6.000 ekor ayam, 120 karung/6.000 Kg pakan, dan 120 paket Obat-obatan).

Kemudian untuk Desa Bumiayu bagi 105 RTM yang terdiri dari 5.250 ekor ayam, 105 karung/5.250 Kg pakan dan 105 paket Obat-obatan. Sedangkan desa terakhir adalah Negaradaha yang diperuntukkan bagi 110 RTM (5.500 ekor ayam, 110 karung/5.500 Kg pakan serta 110 paket Obat-obatan).

Kepala BBPTU HPT Baturraden, Dr. Sintong Hutasoit, M.Si mengatakan bahwa tujuan program bantuan guna meningkat taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat khususnya warga Bumiayu sebagai percontohan, sehingga dapat menambah ekonomi keluarga kedepannya. “Mohon dukungan semua pihak sehingga program yang merupakan sinergitas antar instansi baik pemerintahan pusat, provinsi dan kabupaten, bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Terutama dari Dinas Peternakan Brebes dalam melakukan pendampingan selama pemeliharaan dan vaksinasi, sangat diperlukan.” ungkapnya.

BBPTU-HPT Baturraden merupakan pusat pembibitan sapi perah di bawah Direktorat Jenderal Peternakan yang bergerak di bidang pemuliaan, pemeliharaan, produksi dan pemasaran bibit sapi perah unggul juga hijauan pakan ternak. Balai ini berlokasi di Kecamatan Baturraden  Purwokerto Jawa Tengah, yang terbagi dalam 4 area, yaitu area Limpakuwus, Tegalsari, Manggala dan Munggangsari.

Diketahui, untuk pendistribusian pakan dan obat telah dilakukan sebelumnya pada Jumat sore (7/9/18). Acara diakhiri dengan pengecekan ke 4 lokasi dimaksud. Hadir dalam acara selain Bupati Brebes dan Kepala Balai Baturraden antara lain Kepala PPK Baturraden Supendi, S.Pt, Kadin Peternakan Brebes Ir. Yulia Hendrawati M.Si, Camat Bumiayu Drs. Apriyanto Sudarmoko, Danramil 08 Bumiayu Kapten Inf. Ngadino, Kapolsek AKP Wawan Dwi Leksono, S.Sos, PPL dan TKSK serta para Kades Kecamatan Bumiayu maupun para warga masyarakat penerima ternak (RTM). (pendim0713bbs..As).

About Cahyo Noegroho

KAMI Pewarta Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks Tanpa data yang aKurat dan Opini yang tidak Membangun .
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments