Latest News


More

Aksi Donor Darah Kodim 0713/Brebes Tumbuhkan Empaty Sesama

Posted by : Arus Liar on : Tuesday, September 25, 2018 0 comments
Arus Liar
Saved under :


PANTAUTERKINI.CO.ID.BREBES –Dalam rangka memeriahkan HUT TNI Ke-73 tahun 2018, Kodim 0713 Brebes menggandeng PMI dalam kegiatan Bulan Bhakti TNI di Aula Makodim 0713/Brebes. Selasa (25/9/18).

Selain personel Kodim dan Persit, anggota Lanal Tegal, Polres dan Lapas Kelas II-B Brebes juga ikut terlibat Pemuda Panca Marga (PPM) Kecamatan Salem serta warga masyarakat umum juga terpanggil untuk mensukseskan aksi donor darah.

Kasdim, Mayor Inf. Arief Soehartono, S.Pd bahwa, “Menjadi pendonor merupakan sebuah sikap terpuji dengan berbagi sekaligus menumbuhkan empati kepada sesama. Kodim bersama PMI Brebes berusaha membudayakan semangat berbagi kepada masyarakat melalui kemanusiaan donor darah. Bulan bhakti TNI Ke-73, paparnya

Selanjutnya Kabag Pengawas Mutu UTD PMI Brebes, Muhammad Hardiyansya (37) menyatakan bahwa, pihaknya menyiapkan 240 kantong darah bagi para pendonor di Kodim, kebutuhan darah di Brebes rata-rata 40 kantong perhari atau 1.200 kantong perbulan.

Ia juga menjelaskan secara singkat syarat yang harus dipenuhi oleh seorang pendonor antara lain berumur 17–65 tahun, berat badan minimal 45 kg, Hemoglobin (Hb) minimal 12,5 g %, tekanan darah sistolik 100-180 mmHg dan diastole 50–100 mmHG, nadi 50–100/menit.

“Pendonor juga tidak menderita beberapa penyakit antara lain anemia dan gangguan perdarahan, penyakit kulit kronis, kencing manis, penyakit hati, ginjal, jantung, paru-paru, ayan (epilepsi) dan kejang, kanker, tidak mengidap atau beresiko tinggi terhadap AIDS/HIV, bukanlah pecandu alkohol dan narkoba, tidak bertato, tidak mengalami diare, pendonor tidak mendapat transfusi darah 6 bulan terakhir, tidak mendapat imunisasi virus dilemahkan dalam 2 minggu terakhir, tidak mengkonsumsi aspirin dan antibiotik 3 hari terakhir khususnya bagi pendonor trombosit,”paparnya. (red-CN/Aan)
Saved under :

No comments: