Ketika Renungan Iringi 10 Dharma Pramuka - PANTAU TERKINI

Breaking

PANTAU TERKINI

Berani - Tegas - Transparans

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, August 14, 2018

Ketika Renungan Iringi 10 Dharma Pramuka



PANTAUTERKINI.CO.ID.SLAWI - Anggota Pramuka Dewasa  dari pengurus Kwarcab, Mabicab, Pelatih, Pramuka Penegak dan Pandega ikuti renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka Ke - 57 di Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal, Senin (13/8)

Renungan dan ulang janji dipandu langsung  Ketua Kwarcab Tegal, dokter Widodo Joko Mulyono dihadapan  sejumlah Pengurus Kwarcab, Pengurus DKC dan Pramuka Penegak Pandega di wilayah Slawi dan sekitarnya.


Rangkaian acara dilanjutkan dengan penyalaan api Dasadharma sebagai simbol 10 Dharma Pramuka, dihayati, ditanamkan dan diamalkan oleh anggota Pramuka. Sekaligus sebagai semangat kaum muda Indonesia yang menyala - nyala.

10 (sepuluh) api Dasadharma tersebut dibawa oleh 10 (sepuluh) pembawa obor dari Pramuka Penegak, dengan langkah yang mantap maju ketengah satu per satu menyalakan obor yang yang secara simbolis api pertama dinyalakan oleh Ketua Kwartir Cabang selaku Pembina Upacara.

Sang Merah Putih, lambang kebanggaan bangsa Indonesia, yang mencerminkan keberanian karena membela yang benar dan akan menjadi saksi apa yang direnungkan jajaran Pramuka.

Ketua Kwartir Cabang Tegal, dokter Widodo Djoko Mulyono selaku Pembina Upacara mengajak kepada peserta upacara renungan untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia yang diberikan.

"Adik - adik dan Kakak - kakak warga Gerakan Pramuka yang berbahagia. Pada malam yang berbahagia ini, marilah kita bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semuanya," ucapnya

Sejatinya  renungan bersama akan perjalanan perjuangan dan pengabdian,  maka pada kesempatan yang baik ini marilah kita semua sebagai Pandu Indonesia membulatkan tekad, mengorbankan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian itu demi tercapainya tujuan bangsa, yakni masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

"Marilah kita pegang Sang Merah Putih yang ada di pundak kita, dengan maksud agar selama jantung kita masih berdetak, kita akan selalu ingat, bahwa dipundak kita, dipercayakan tugas dan tanggungjawab untuk melaksanakan janji Pramuka Indonesia, Tri Satya," ajaknya

Meski digelar dengan sederhana, kegiatan renungan dan ulang janji berlangsung dengan khidmat dan diakhiri dengan pembacaan doa sera menyanyikan lagu Padamu Negeri dan Syukur.

Selanjutnya, syukuran ditandai pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur oleh Ketua Kwarcab Tegal diserahkan kepada Ketua DKC Pramuka Penegak Pandega Tegal Septi Kusuma Putri sebagai simbol adanya estafet kepemimpin dan kaderisasi dalam Gerakan Pramuka (Has/Red-cahyo)

No comments: