Kasdim 0713/Brebes : "Babinsa Harus Mampu Implemntasikan Bintalidjuang "



PANTAUTERKINI.CO.ID.BREBES - Sebagai tameng setiap diri Warga Negara Indonesia dalam menyaring dan menangkal berbagai ideologi baru yang coba masuk mempengaruhi kehidupan masyarakat dan bertentangan dengan Ideologi Pancasila sebagai dasar negara, keluarga besar Kodim 0713 Brebes menerima Pembinaan Mental dan Ideologi Kejuangan (Bintalidjuang).

Materi ini diberikan oleh Tim Bintal dari Kodam IV Diponegoro, yang diketuai Mayor Inf. Imam Tobroni, S.Ag bersama Kapten Kav. Sumitro Alfian, ST (Kasi Musmontra Bintaldam IV Diponegoro), yang diikuti ratusan orang yang terdiri dari Persit dan personel Kodim, Minvetcad dan Subdenpom Brebes. Senin (27/8/18).

Narasumber, Kapten Sumitro Alfian berharap agar para prajurit, PNS beserta keluarganya akan mempunyai jiwa nasionalisme yang lebih kuat, yaitu kesetiaan kepada NKRI yang mengacu pada nilai-nilai yang terdapat dalam Empat Pilar Kebangsaan, yakni NKRI, Pancasila, UUD RI 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, sebagai pedoman hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Terkait materi  Balatkom (Bahaya Laten Komunis) yaitu sebuah kondisi yang sangat berbahaya bagi bangsa Indonesia, asas sama rasa sama rata paham komunis yang sangat bertentangan dengan budaya bangsa kita, akan coba dihidupkan kembali guna menggantikan Ideologi Pancasila yang menganut Ketuhanan Yang Maha Esa serta musyawarah untuk mencapai mufakat.

Sedangkan bahaya Radikalisme adalah paham yang menghendaki kekacauan dan menentang kebijakan pemerintah serta merongrong kedaulatan negara, mengingat Indonesia mayoritas pemeluk islam maka paham ini dikategorikan sebagai radikal kanan/agama garis keras, yang salah satu contohnya adalah melalui teror bom bunuh diri.

“Dalam kesempatan ini kami mengingatkan kembali agar jangan sampai keluarga kita disusupi kedua paham tersebut. Apabila di wilayahnya terdapat kegiatan dari ormas itu maka Babinsa harus lapor cepat kepada Kodim maupun Polres setempat,” tegasnya.

Selanjutnya Kasdim 0713 Brebes, Mayor Inf. Arief Soehartono, S.Pd, menginstruksikan jajaran Babinsa Kodim agar menyerap ilmu yang diberikan dengan sebaik-baiknya, selanjutnya dapat meneruskan atau menyampaikannya kembali materi Bintalidjuang tersebut kepada warga masyarakat binaan di Koramil masing-masing. Pasalnya hal ini merupakan salah satu tugas dari TNI (Babinsa) dalam deteksi dan cegah dini ancaman kedaulatan negara.

“Bukan hanya warga dewasa saja yang akan diberikan pemahaman oleh para Babinsa kami, melainkan generasi emas bangsa atau para pelajar juga menjadi sasaran kami. Mereka juga akan menerima pendampingan kerohanian keagamaan sehingga diharapkan tidak terjerumus dalam pemahaman agama yang diajarkan oleh oknum tertentu maupun dari media sosial dengan penggalan ayat-ayat Al Quran yang bertujuan memecah belah bangsa.” tegasnya.

Hadir juga Ketua Persit KCK Cab. XXIII Dim 0713 Brebes Ny. Febriyanti Ahmad Hadi Hariono beserta anggotanya, para Danramil jajaran Kodim 0713 Brebes serta para Babinsa dan PNS. (Red/CN/'sumber : pendim0713/Brebes)

Post a Comment

Post a Comment