Bakti Yonif 407/PK untuk Warga Cikura Bojong



PANTAUTERKINI.CO.ID,SLAWI - Komando Latihan (Kolat) UST Tingkat Kompi, Yonif 407/PK menggelar kegiatan bakti sosial pelayanan Sunat dan pengobatan massal gratis dan pelayanan Sunat untuk masyarakat daerah latihan di Desa Cikura Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, Jumat (03/08).

Kegiatan pengobatan gratis yang berlangsung selama dua hari dimulai dari tanggal 1 s.d 2 Agustus ini dilaksanakan oleh sembilan anggota Peleton Kesehatan Yonif 407/PK dan dipimpin oleh Komandan Peleton Kesehatan Yonif 407/PK Letda Inf Ckm Ade Irwan. Secara keseluruhan antusiasme masyarakat sangat terlihat ketika mengikuti kegiatan penggobatan gratis ini. Mereka mengaku sangat senang dengan adanya pengobatan massal yang digelar oleh Yonif 407/PK, karna selain mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis juga tempatnya tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Pelaksanaan bakti sosial pengobatan massal ini disambut baik oleh warga masyarakat Desa Cikura, terbukti dengan banyaknya yang terdaftar dalam pelayanan pengobatan gratis tersebut. Warga masyarakat yang terdaftar sebanyak 257 pasien dengan beragam diagnosa seperti hipertensi, penyakit kulit, batuk pilek, nyeri sendi, mag dan sakit gigi. Selain itu ditambah ada dua anak-anak yang Sunat.

Sujai (56), warga Rt 8 Rw 1 Dukuh Ketuk Desa Cikura yang mempunyai keluhan penyakit persendian kaki menyampaikan,

"Saya mewakili warga mengucapakan terima kasih kepada bapak-bapak TNI Yonif 407/PK yang sudah membantu warga yang mempunyai keluhan penyakit, kami merasa senang dengan adanya pengobatan gratis seperti ini karna kami tidak perlu jauh-jauh untuk berobat,'' ungkapnya.

Dalam mekanisme pengobatan massal dibantu oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Panca Sakti (UPS) Tegal yang secara kebetulan sedang melaksanakan kegiatan KKN di desa setempat.

Intan, salah satu mahasiswi UPS Tegal dari fakultas pendidikan yang turut hadir dan membantu pelaksanaan kegiatan pengobatan massal tersebut menyampaikan, "Kami sedang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Cikura. Secara kebetulan ada kegiatan dari Yonif 407/PK yaitu pengobatan massal, kegiatan ini sangatlah bermanfaat untuk warga masyarakat disini karena untuk tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan Klinik juga lumayan jauh sehinga sangat membantu warga untuk berobat. Kami berharap semoga kegiatan pengobatan massal seperti ini dapat berjalan di desa-desa yang lainnya,'' tuturnya.

 Danyonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M. Tr (Han) menyampaikan bahwa pengobatan gratis ini dimaksudkan untuk membantu warga masyarakat di daerah latihan yaitu Desa Cikura, khususnya yang mempunyai keluhan kesehatan. Diharapkan warga yang belum sempat berobat di klinik maupun Puskesmas karna lokasinya cukup jauh, maka dapat memanfaatkan kegiatan pengobatan massal ini.

 "Dilihat dari aspek kemanusiaan, kegiatan ini mengandung makna sebagai wujud kesetiakawanan sosial prajurit Yonif 407/PK dengan warga masyarakat. Sedangkan dilihat dari aspek kesehatan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari tim medis Yonif 407/PK (azis/Cah)

Post a Comment

0 Comments