Home » , , 11 July 2018

Sidang Paripurna Laporan Pertanggungjawaban Bupati Wajo Dan Pemandangan Umum Fraksi DPRD

Posted by muhlis muhlis


PANTAU TERKINI.CO.ID,WAJO-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Wajo melaksanakan rapat paripurna tingkat I DPRD , sebagai rapat paripurna  VIII, Masa Persidangan ke III Tahun 2017/2018. Di ruang sidang utama lantai II pada pukul 19.30 wita. Selasa,10 Juli 2018
Dengan menyusun 3(tiga ) agenda acara(1)Penjelasan Bupati Wajo sehubungan dengan Pengajuan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Wajo, tentang laporan pertanggungjawaban  pelasksanaan  APBD Tahun 2017.(2)Penyerahan Rancangan Peraturan Daerah yang akan dibahas dan ditetapkan.(3)Pemandangan umum Anggota DPRD atas nama Fraksi masing-masing , terhadap Ranperda.
Sidang paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Wajo, H.Muh.Yunus Panaungi,SH dan Wakil Ketua I H.Risman Lukman ,SP,M.Si, Wakil Ketua II, H.Rahman Rahim. Turut hadir Sekda Kabupaten Wajo,  Pengadilan Negeri Sengkang, Kejaksaan , Pengadilan Agama,  Kodim 1406 Wajo, Polres Wajo, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah(OPD), SKPD,Camat, Lurah, LSM dan Pers. 


Sekretaris Daerah (SEKDA) Kabupaten Wajo, Andi Tenri Liweng,  mewakili Bupati Wajo membacakan Laporan Pertanggungjawaban Bupati, bahwa laporan pertanggungjawaban merupakan cara tata kelola pemerintahan yang baik  dengan tiga filsafat yaitu, transparansi, akuntabilitas dan partisipasi. Melaporkan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2017 yang terealisasi dan telah di audit oleh BPK, dan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Wajo, atas kerjasama yang terjalin selama ini, tuturnya
Pemandangan umum anggota DPRD melalui fraksi,  tentang Rancangan Perda pendapatan belanja asli daerah, hampir seluruhnya telah menyetujui untuk dibahas ke pembahasan selanjutnya, kecuali dari Fraksi Demokrat yang tidak bisa menyampaikan penilaian keuangan secara detail , demikian juga dengan keuangan SKPD yang tidak bisa diulas satu persatu, karena akan lebih efektif , efisien jika dilakukan oleh masing-masing komisi dan forum rapat kerja, yang dibacakan oleh H.Irfan Saputra.


Sementara ketua DPRD Kabupaten Wajo, H.Muh.Yunus Panaungi,SH, sebelum menutup acara sidang paripurna   menuturkan,  bahwa Laporan pertanggung jawaban kepala daerah kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh BPK  paling lambat 6(enam ) bulan sebelum tahun anggran berakhir, untuk anggota Fraksi yang menyampaikan berdasarkan analisis  sudut pandang  dan kebijakan masing-masing Fraksi  DPRD yang telah menyampaikan    pemandangan umumnya diucapkan terima kasih, tutupnya(Advetorial:Humas dan Protokoler Sekretariat DPRD Kabupaten Wajo)

Related Posts

Copyright © 2012, Kantor Berita Online Nasional Allrights Reserved - Magazine World Theme - Designed by Uong Jowo