PANTAU NUSANTARA

Derap TNI POLRI

Nasional

Peristiwa

Video News

You are here

Hari Lansia Nasional, Gubernur Minta Fasilitasi Lansia



PANTAUTERKINI.CO.ID,JAKARTA-Dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Taman Margasatwa Ragunan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta jajarannya memfasilitasi bagi lanjut usia yang aktif. Tidak hanya sekadar menghargai para lanjut usia tersebut tapi juga memfasilitiasinya agar bisa terus berkarya.

"Jangan melihat orang tua ini sebagai orang yang pasif. Mereka ini aktif, tinggal difasilitasi saja," kata Anies saat memberikan sambutan di depan ratusan orang lanjut usia DKI Jakarta pada Selasa (24/7).



Ia pun memandang, yang disebut tua atau muda bukan usia kapan dilahirkan. Muda atau tua itu tergantung bagaimana cara pandangnya. Jika selalu membicarakan masa lalu, ia disebut tua. Jika membicarakan masa kini dan masa depan, ia disebut muda. Jadi cara pandang orang muda itu ke depan. Dengan menjadikan masa lalu sebagai pelajaran dan pengalaman.

Karena menurutnya, keuntungan orang tua itu adalah akumulasi pengalaman. Karena orang tua telah banyak melalui kehidupan sehingga telah banyak mengambil hikmah. Hikmah itu melahirkan kebijaksanaan.

"Yang kami tidak miliki dari para orang tua itu kebijaksanaan. Berikan kami pelajaran dan pengalaman agar kami bisa bijaksana," kata Anies.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah menyampaikan, dalam rangka memfasilitasi lanjut usia, pihaknya sudah memiliki program Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Lansia penerima KLJ merupakan penduduk DKI Jakarta yang telah terdaftar dan ditetapkan dalam Basis Data Terpadu (BDT) pada desil dengan kondisi status sosial/ekonomi terendah atau desil 1. Lansia penerima KLJ juga bertempat tinggal atau berdomisili di DKI Jakarta.

Penerima progam KLJ  dilakukan bertahap hingga saat ini jumlah penerima keseluruhan mencapai 14.520 lansia, dengan pemberian bantuan berupa uang dengan jumlah nominal sebesar Rp. 600.000,- per bulan yang telah diberikan terhitung sejak mulai bulan April 2018 lalu.

"Agar dapat menerima program KLJ, lansia warga DKI harus terdaftar dalam BDT. Bagi yang belum terdaftar dan ditetapkan dalam BDT, dapat secara aktif mendaftarkan diri atau didaftarkan melalui Lurah atau SKPD/UKPD terkait dalam pelaksanaan pemutakhiran BDT," terang Irmansyah.

Ia melanjutkan, pemerintah DKI akan terus melakukan pemutakhiran data agar tak ada lansia yang terlewat yang tidak mendapat KLJ. Menurut Irmansyah, lansia yang tak mampu, mengidap penyakit menahun, dan telantar masuk kriteria untuk diberikan bantuan ini.

Sementara dalam peringatan HLUN kali ini, pihaknya memberikan bantuan berupa alat bantu fisik dari Kemensos RI seperti kursi roda, alat bantu dengar, dan tongkat. Sembako sebanyak 1000 paket dan layanan kesehatan dari Rumah Yatim, kacamata 300 buah dari Yayasan Surya Kebenaran Indonesia, dan makan siang 300 boks dari KFC.

Dalam peringatan HLUN tahun 2018 di Taman Margasatwa Ragunan ini, menghadirkan binaan dari Pusat Santunan Keluarga (Pusaka) yang berisi lanjut usia di 93 Pusaka yang tersebar di lima wilayah Kota DKI Jakarta. HLUN dihadirkan sekitar 1000 orang lansia dari Pusaka dengan 100 orang pendamping.

"Dengan Tema Nasional, Lansia Sejahtera Masyarakat Bahagia dan Tema Provinsi DKI Jakarta, Peduli Lansia Masyarakat Bahagia, Kami ingin memberikan kebahagiaan bagi lansia dengan berkumpul bersama komunitasnya," kata Irmansyah.(MF/Cah)

Cahyo Noegroho

Kami Pewarta Pantau Terkini sebagai Operator dan Kepala Wilayah dan"Biographical Info" Kami sebagai user admin panel Web ini bertanggungjawab tidak Melakukan Pemberitaan Hoax.

No comments:

Labels

Adv artikel bali Banten bisnis Bogor budaya daearh daerah daetah depok Depok derap dewan Featured fenomena fokus gayahidup Headline Hiburan hukum Humas Polda Kaltim investigasi iptek Irian Jaya jabodetabek Jakarta Jawa Barat jawatengah jawatimur Jokowi Kalimantan kaporli Kebersihan kesehatan KPU kriminal kulener kuliner lampung lantik LPII luarnegeri mahasiswa Market masyarakat miskin membangun menteri Metro mitos MSDC Nahdlatul Ulama Nariyahan Nariyahan Nusantara nasional nelayan nias Nur'azizah obat olahraga opini ott Pajak Paluta papua pasar kemiri pdip PDRM Pekanbaru Pelalawan pelayanan Pemalang Pembangunan pembunuhan pemerintah pemilu Pemuda pendidikan penyandangdisabilitas perbaungan peristiwa peristuwa perkelahian anggota DPRD perkelahian anggota DPRD Riau perkemi Pertamina pertanian Perusahaan listrik negara pidana pilkada pinggir PKB pkk Pks pln PLTA Batangtoru pm malaysia PMII PN Medan PN Siantar PNS polisi peduli politik Polres Polres Balikpapan Polres Nias Polres_sidempuan Polresta polrestabes_medan polrestapekanbaru polri Polsek Air Batu polsekskppekanbaru ponorogo ppwi pradi supriatna Presiden prestasi probolinggo profile PT PLN PT_KAI purwakarta rahmansyah_putra_sirait RAPP redaksi Redia Frisna Rista regional Rei renungan Repdem Riau rizal efendy rokan rupiah samarinda samosir sampah depok samsat depok satlantas polres asahan Satma_pp sekda_provsu seleb sepakbola serang serbada sergei Sertijab Sholawatan Siak Siantar Sidoarjo sijunjung Silo Laut simalungun sinabung siswa Slawi solo soroako sosial sosialisasi sukabumi sulawesi sumut Surakarta Susanto Suwandi tamanlalulintas tanggerang tanjung balai tapteng Tasimin tebing tinggi tegal tipikor Tips tmmd tni depok fokus tokoh tokohpemudaaceh trawas Tumpas video Wajo wakapolri walikota depok Wisata

Epaper

Total Pageviews