Select Menu

Translate

Utama

Daerah



Peristiwa

Adverntorial

DERAP

Pariwisata

Nasional

Liputan Langsung

» » » Masyarakat Antunsias Saksikan Kirab Pakta Integritas
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post




PANTAUTERKINI.CO.ID SLAWI | Hari Jadi Kabupaten Ke 417 yang jatuh setiap tanggal 18 Mei menjadi momen penting selain di awali dengan Kirab Pakta Integritas juga menjadi rasa duka masyarakat Kabupaten Tegal atas wafatnya Bupati Tegal Non Aktif Enthus Susmono.

Kirab Pakta Integritas sebelumnya rabu (16/05) telah di berikan keperwakilan keluarga Kalisoka Bambang Purnama melalui upacara penyerahan di halaman pemerintah kabupaten Tegal dengan di pimpin langsung Pjs Bupati Tegal Drs Sinoeng N Rachmadi selaku inspektur upacara, yang di mulai dari Desa Kalisoka.

Kalisoka adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berdiri sejak abad ke 16, tepatnya pada zaman Kesultanan Mataram dipimpin oleh Sultan Agung' di desa tersebut ada sebuah situs sejarah yang merupakan petilasan Ki Gede Honggowono, putra Ki Gede Sebayu  yang kala itu menjabat sebagai Bupati Tegal.

Di Desa tersebut terdapat 2 makam tokoh pendiri Kabupaten Tegal yakni makan Ki Gede Honggowono dan Pangeran Purbaya putra Sultan Agung dari Mataram. Pendiri desa ini sejatinya adalah Pangeran Purbaya sendiri dan beliau diklaim oleh warga sekitar sebagai kepala desa pertama sekaligus menjadi pembuka garis keturunan darah biru yang berkuasa di Kalisoka selama ratusan tahun hingga kini.

Kamis (17/05) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Retno Suprobowati melepas rombongan acara Kirab Pakta Integritas di Monumen GBN dilanjutkan menuju panggung kehormatan yang berada di depan Halaman Rumah Dinas Bupati Tegal.

Keluarga Kalisoka Bambang Purnama menyerahkan Pakta Integritas kepada Pjs Bupati Tegal Sinoeng N. Rachmadi yang diwakilkan Asisten Administrasi Pembangunan Moh. Nur Ma’mun disaksikan oleh tamu undangan serta masyarakat Kabupaten Tegal.

“Saya serahkan Pakta Integritas beserta Pusaka Tombak Kyai Plered, semoga kita semua bisa menjaga silahturahmi serta mempererat tali persaudaraan demi menuju Kabupaten Tegal yang tentram dan damai,” jelas Bambang.

Masing-masing dari dua puluh tiga peserta yang turut meriahkan Kirab Pakta Integritas ini membawa gunungan dari hasil pertanian yang diperebutkan masyarakat sekitar dan rencananya, Pakta Integritas serta Tombak Kyai Plered akan diarak kembali pada Jumat besok (18/5) dari Rumah Dinas Bupati Tegal menuju Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal (CN)

About Lensa Pewarta

Kami Pewarta Pantau Terkini Mendukung Tolak Berita Hoaks dan menjunjung tinggi Nilai Jurnalistik "Biographical Info" dan semua Berita Tanggung Jawab Perwakilan Daerah sebagai Admin dari Website Pantau Terkini.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments