DAERAH

DERAP

Cat-3

Cat-4

» » » » Kasad Ingatkan Revolusi Industri Generasi Ke-4



PANTAUTERKINI.CO.ID, - BREBES - Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono mengingatkan bahwa saat ini tengah memasuki era Revolusi Industri Generasi Ke-4, dalam amanat tertulis yang disampaikan Dandim 0713 Brebes, Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono selaku Irup Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018, di Lapangan Sepakbola Garuda, Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong. Kamis (3/5/18).

Dikatakan bahwa, “Saat ini Indonesia memasuki era Revolusi Industri Generasi ke-4. Teknologi digital telah menjadi tulang punggung dalam berbagai aktivitas masyarakat, baik untuk kepentingan pribadi, sosial masyarakat, pemerintahan maupun dalam konteks pertahanan. Diseminasi teknologi dan mitigasi resiko global telah berhasil menggeser hakekat ancaman dan paradigma dari perang konvensional menjadi perang yang kompleks dan tidak terbatas yang dikenal sebagai unrestricted war, strategi dan taktiknya tidak hanya menggunakan kekuatan militer namun juga kekuatan non militer seperti Ipoleksosbud dan teknologi. Dalam konteks penguasaan Negara pun tidak harus dilakukan secara fisik atau secara langsung, namun dapat dilakukan secara tidak langsung atau proxy” terangnya.

Lebih lanjut, sedangkan pelaku atau aktornya tidak lagi negara atau state, namun bisa juga bukan negara atau non state, seperti perorangan, kelompok orang dan berbagai organisasi non pemerintahan lainnya, baik dari dalam negeri maupun jaringan internasional. Untuk menangkalnya, kita harus memiliki suatu sistem pertahanan negara yang terintegratif baik dari aspek militer maupun non militer secara efektif yang dapat menjaga keseimbangan antara pembangunan kesejahteraan nasional dan pertahanan keamanan negara.

“Sesungguhnya, sistem pertahanan terintegratif dimaksud diantaranya melalui program TMMD yang juga sasarannya tidak hanya pembangunan kekuatan wilayah pertahanan yang tangguh, namun juga pembangunan fisik dan non fisik dalam mengakselerasi upaya pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat di daerah” pungkasnya.(CN)
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Penulis atau Editor Lensa Pewarta

Kami Wartawan Pantau Terkini Menolak Berita Hoaks

kesehatan

politik

dewan

video

Cat-5

Cat-6